Simposium Kebangsaan Jadi Cara Andreas Ajak Mahasiswa Memahami Pancasila

Sosialiasi 4 pilar yang diselenggarakan Andreas.
Sumber :
  • VIVA Malang / Galih Rakasiwi

Malang, VIVA – Komisi XI MPR RI Andreas Eddy Susetya memiliki cara luar biasa dalam Menggali Kembali Pancasila Kita kepada para mahasiswa melalui sosialisasi dengan tema 'Simposium Kebangsaan dan Sosialisasi 4 Pilar'.

Perkuat Posisi, Mas Gum Intens Datangi Tokoh Masyarakat di Kota Batu

Dalam sosialiasi yang berlangsung di Lelenggahan Waroeng Tani, pria asal Malang tersebut mengajak para mahasiswa untuk mempelajari, menjiwai, dan kemudian menerapkan nilai-nilai dalam empat pilar kebangsaan ke dalam kehidupan sehari-hari bersama Romo Benny Susetya Stafsus BPIP.

"Republik ini punya empat pilar kebangsaan yang luar biasa, yang menjadi modal sosial bagi bangsa untuk menghadapi berbagai tantangan zaman," ujar Andreas, Kamis 13 Juni 2024.

Solidaritas untuk Palestina dalam Tradisi Mengarak Kambing Warga Kampung Temenggungan Malang

Andreas menambahkan bahwa empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara tersebut adalah Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Menurutnya, pilar-pilar ini esensial dalam menghadapi tantangan masa kini dan masa depan, termasuk isu intoleransi, situasi ekonomi yang belum pulih, serta sikap individualistik yang semakin marak di masyarakat.

Proliga 2024 di Malang Buktikan Potensi Baik dari Sport Tourism

“Dengan empat pilar kebangsaan, saya yakin kita bisa menjawab beragam tantangan bangsa," kata politisi PDI Perjuangan ini.

Dalam paparannya, mengenai Pancasila sebagai salah satu dari empat pilar tersebut, ia menyebut Pancasila sebagai ideologi bangsa, falsafah hidup, dan dasar negara yang digali oleh Bung Karno dari kebudayaan dan kearifan lokal bangsa Indonesia.

Halaman Selanjutnya
img_title