10 Terbaik Penerapan SPBE, Kota Malang Raih Penghargaan DGA 2024

MenPANRB Abdullah Azwar dan Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat.
Sumber :
  • Dok Prokopim Pemkot Malang

Malang, VIVA – Kota Malang dinilai mampu memberikan layanan publik yang semakin baik lewat akselerasi penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Atas keseriusan itu untuk pertama kalinya, Kota Malang menerima penghargaan Digital Government Award (DGA) 2024. 

Mengerucut 3 Calon Dirut Tugu Tirta, Priyo Sudibyo Jadi Kandidat Terkuat

Kota Malang masuk 10 terbaik penerapan SPBE pada kategori Pemerintah Kota yang diserahkan dalam acara SPBE Summit 2024 dan Peluncuran GovTech Indonesia di Istana Negara, Jakarta, pada Senin, 27 Mei 2024. 

Presiden RI Joko Widodo menuturkan semangat keterpaduan layanan harus menjadi cara-cara baru meninggalkan budaya satu inovasi satu aplikasi yang mengakibatkan ribuan aplikasi di berbagai instansi pemerintahan.

Rencana Peremajaan Angkot di Kota Malang agar Warga Gunakan Transportasi Massal

"Kehadiran birokrasi harusnya melayani, bukan mempersulit atau menghambat. Sehingga tolok ukurnya adalah kepuasan masyarakat, kemudahan urusan masyarakat. Bagaimana bisa tercapai kalau ada 27 ribu aplikasi yang berjalan sendiri-sendiri, tidak terintegrasi dan bahkan tumpang tindih. Maka mulai tahun ini berhenti membuat aplikasi baru," pesan Presiden Jokowi.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas mengungkapkan SPBE Summit dan Peluncuran Govtech Indonesia yang dirangkai dengan Digital Government Award menjadi komitmen mendorong keterpaduan layanan pemerintah secara nasional maupun di daerah.

Arema FC Masih Yakin Bisa Berkandang di Stadion Soepriadi Blitar

"Ini merupakan arahan dan cita-cita yang ingin segera diwujudkan bersama. Dan Digital Government Award merupakan hasil pemantauan dan evaluasi penerapan SPBE kepada seluruh instansi pemerintah. Bersama 30 perguruan tinggi dengan 47 indikator yang rigid untuk menjamin penilaian obyektif, profesional dan independen," ujar Anas.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Malang Wahyu Hidayat mengapresiasi kinerja tim SPBE Kota Malang. Dia pun berkomitmen terus mendorong digitalisasi dan keterpaduan layanan publik di Kota Malang.

Halaman Selanjutnya
img_title