KPU Kota Batu : Jika Daftar Calon Kepala Daerah Caleg Terpilih Harus Mundur Sebagai Legislator

Ketua KPU Kota Batu, Heru Joko Purwanto.
Sumber :
  • VIVA Malang / Galih Rakasiwi

Batu, VIVA KPU Kota Batu menerapkan pendaftar calon kepala daerah harus mundur dari kursi legislatif terpilih. Hal itu mengacu dari UU Pilkada No 10 Tahun 2016.

Semakin Jauh Dari Zona Degradasi, Arema FC Tetap Gaspol

Ketua KPU Kota Batu, Heru Joko Purwanto mengatakan jika pihaknya akan mengacu aturan tersebut meskipun Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tengah digodok. 

"Karena masih digodok kami masih memakai acuan itu, harus mundur. Nah PKPU itu berisi regulasi calon legislatif terpilih di Pileg 2024 yang hendak kembali bertarung dalam ranah Pilkada harus mengundurkan diri atau cuti, kan sekarang masih dibahas di pusat," katanya, Kamis 25 April 2024.

Kalahkan Korea Selatan U23, Erick Thohir Bangga Indonesia U23 Lolos Semifinal Piala Asia U23 2024

Jadi jika ada anggota legislatif yang terpilih hendak maju atau mendaftarkan diri harus membawa surat pengunduran diri yang sudah disahkan. Sehingga proses pendaftaran baru bisa dilanjutkan.

"Apabila ada legislatif yang hendak mendaftarkan diri maka harus melalui proses pelantikan dahulu sebagai DPRD Kota Batu, lalu baru mendaftar sebagai calon wali kota maupun calon wakil wali kota. Tetapi jika dari pusat ada keputusan lain, tentu KPU Batu akan mengikutinya," tuturnya.

Segini Gaji Petugas PPK pada Pilkada 2024 Jombang

Kemudian untuk pelantikan anggota legislatif akan dilaksanakan pada awal Juli mendatang mengingat pendaftaran Pilkada dimulai pada 27 Agustus.

"Sedangkan untuk tahap lanjutan setelah pendaftaran pilkada yang dilakukan pada 27 Agustus akan selesai pada 22 September untuk penetapan calon," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title