Tegas! Pesantren Tebuireng Jombang Bantah Dukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

Gus Kikin bantah Pesantren Tebuireng dukung Prabowo-Gibran.
Sumber :
  • VIVA Malang/Elok Apriyanto

Jombang, VIVAPesantren Tebuireng Jombang dengan tegas membantah adanya tudingan bahwa telah mendukung calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02, Prabowo-Gibran.

Aksi Buruh Di Kota Malang Juga Suarakan Tragedi Kanjuruhan

Bantahan terkait hal tersebut disampaikan Pesantren Tebuireng melalui surat pernyataan resminya tertanggal Rabu, 7 Februari 2024 yang ditandatangani langsung oleh KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin.

Dalam surat pernyataan resminya, Gus Kikin yang merupakan pengasuh Pesantren Tebuireng ini membantah pemberitaan beberapa media online yang menyebutkan bahwa pondok yang diasuhnya mendukung Prabowo-Gibran.

Peringatan Hari Buruh di Kota Malang Diwarnai Aksi 'Mberot'

Gus Kikin menyatakan, Pesantren Tebuireng selalu menjaga marwah pesantren dengan berasaskan kebangsaan untuk kemaslahatan umat, sebagaimana diajarkan Hadratussyaikh KH. M. Hasyim Asy’ari.

Dalam momen Pemilu 2024, Gus Kikin menegaskan, Pesantren Tebuireng bersikap netral dan tidak memihak kepada salah satu pasangan capres-cawapres yang berkontestasi pada Pilpres 2024.

Momen Hardiknas 2024, Monumen Ki Hajar Dewantara di Jombang Terabaikan dan Kurang Terawat

”Pesantren Tebuireng tidak pernah terlibat politik praktis, termasuk memberikan dukungan terbuka dalam kontestasi pemilihan presiden dan wakil presiden,” tegas Gus Kikin dalam pernyataan resminya.

Terkait kedatangan capres-cawapres maupun tim sukses (timses), Gus Kikin mengatakan, Pesantren Tebuireng senantiasa menerima dan menghormati tamu yang bersilaturahmi sesuai tuntunan ajaran Islam.

Halaman Selanjutnya
img_title