KH Marzuki Mustamar Dicopot dari Ketua PWNU Jatim, Diduga Soal Pilihan di Pilpres 2024

Ketua PWNU Jatim, Kiai Marzuki Mustamar
Sumber :
  • Humas Polresta Malang Kota

Malang, VIVA – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dikabarkan telah mencopot KH Marzuki Mustamar dari jabatannya sebagai Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur (PWNU Jatim).

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

Kabar dicopotnya KH Marzuki Mustamar dari jabatan Ketua PWNU Jatim ini tersebar di beberapa pesan berantai WhatsApp. Kabar pencopotan itu pun dibenarkan oleh mantan Wakil Ketua PWNU Jatim, KH Abdussalam Shohib atau Gus Salam.

Gus Salam mengungkapkan, pencopotan KH Marzuki Mustamar tersebut diketahui saat PBNU mengumpulkan para Ketua PCNU se-Jatim dan jajaran PWNU Jatim di Hotel Shangri-La, Surabaya, pada Rabu 27 Desember 2023 malam.

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

Dalam pertemuan tersebut, hadir juga Rais Aam PBNU KH Miftahul Akhyar, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf beserta jajaran PBNU lainnya.

"Saya mendapatkan (kabar KH. Marzuki Mustamar dicopot sebagai Ketua PWNU Jatim ini) dari sumber terpercaya yang ikut dalam pertemuan tadi malam," kata Gus Salam saat dikonfirmasi, dikutip dari VIVA Jatim, Kamis 28 Desember 2023.

Ada Desakan Jadi Dirut Tugu Tirta, Samsul Pilih Komitmen di Perumda Tirta Kanjuruhan

Gus Salam mengatakan, alasan PBNU mencopot Pengasuh Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek Malang ini dari jabatan sebagai Ketua PWNU Jatim ini tidak jelas. "Alasannya tidak jelas," ucapnya.

Namun, Gus Salam menduga pencopotan KH Marzuki Mustamar tersebut karena tidak mengikuti arahan PBNU untuk mendukung pasangan calon (paslon) nomor urut 2 di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title