KPU Batu Bakal Distribusikan Logistik Pemilu Lebih Cepat Yaitu H-1

Ketua KPU Kota Batu, Heru Joko Purwanto.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – KPU Kota Batu pastikan akan distribusikan logistik Pemilu serentak 14 Februari 2024 pada H-1. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua KPU Kota Batu, Heru Joko Purwanto usai sosialisasi distribusi pengamanan surat suara Pemilu 2024, Selasa, 12 Desember 2023.

Viral Dugaan Pemerasan di Lawang, Polres Malang Lakukan Penyelidikan

Menurut Heru, jika dalam pemilu sebelumnya dilakukan distribusi pada pagi hari saat hari H kali ini dilakukan pada H-1 ke 611 TPS yang ada di seluruh Kota Batu. 

"Nanti kami distribusikan lebih cepat dari biasanya yang dilakukan pagi hari menjelang coblosan. Tapi kali ini kita lakukan H-1 sesuai UU Nomor 7, bahwa tata kelola pendistribusian logistik Pemilu harus dilakukan hari H-1," katanya.

Wanita Muda Asal Jakarta Ditemukan Tewas di Bawah Jembatan Tunggulmas Kota Malang

Nanti setiap TPS, logistik itu akan dijaga oleh 2 orang linmas dan 7 KPPS. Bila kondisinya rawan, 1 TPS akan dijaga 1 Polisi. Namun kondisi di Kota Batu tidak begitu rawan.

"Karena di Kota Batu tidak rawan, rata-rata setiap 5 TPS dijaga 1 Polisi. Kemudian untuk distribusi KPU akan menyiapkan 4 armada truk. Setiap truk memuat 200 kotak suara, bila kurang ya kita bakal tambah truk lagi," ujarnya.

Aksi Pencuri 'Obok-Obok' Sekolah SMA di Jombang Terekam CCTV

Selanjutnya, untuk TPS terpencil, terluar dan tersulit (3T), KPU Kota Batu menyiapkan cara tersendiri agar proses pendistribusian tidak telat. Dimana TPS3T akan mendapatkan proses pendistribusian logistik lebih dulu. 

"TPS3T akan kami dahulukan. Setelah dari Gudang KPU, logistik akan didistribusikan ke desa/kelurahan. Kami akan arahkan pendistribusian ke 3T terlebih dahulu. Baru ke TPS yang dekat-dekat. Sehingga TPS yang lokasinya jauh tidak akan terlambat," tuturnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title