Deklarasi Di Malang, Kapolri dan Panglima TNI Pastikan Pemilu 2024 Aman dan Damai

Deklarasi Damai Pemilu 2024
Sumber :
  • Istimewa

Malang, VIVAKapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, hadir langsung dalam Deklarasi Pemilu Aman Damai di Lapangan Rampal, Kota Malang, pada Sabtu, 21 Oktober 2023. 

LPBH PBNU Bakal Lapor Polda Jatim atas Dugaan Pelanggaran Pengadaan Lahan Kampus UNISMA

Deklarasi Damai Pemilu 2024 dilakukan untuk membangun komitmen menjaga stabilitas dan keamanan menjelang pemilihan umum tahun 2024. Sejumlah pejabat di tingkat provinsi Jawa Timur juga hadir. Deklarasi ini sebagai deteksi dini terhadap potensi kerawanan dalam tahapan Pemilu 2024. 

Dalam momen ini juga dilakuan, Pembacaan ikrar Pemilu damai diikuti perwakilan MUI, DMI, PW Muhammadiyah, PWNU, LDII, Kadin, HIPMI, APINDO, PWI, dan Aliansi Jurnalis Independent. Selain itu, ada juga perwakilan dari Asosiasi Kepala Desa, Ikatan Pencak Silat Indonesia, KNPI, Serikat Pekerja, Rumah Kebangsaan, Asosiasi Pedagang Kaki Lima, Napiter, Cipayung Plus, KPU, Bawaslu, IDI, dan APLI.

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

Adapun ikrar deklrasasi yang dibaca bersama yaitu, komitmen untuk mendukung dan membantu jajaran TNI dan Polri dalam menjaga keamanan serta mensukseskan pemilu 2024 yang aman dan adil.

Komitmen menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Menolak segala bentuk provokasi yang dapat memecah belah persaudaraan dan mengganggu jalannya pesta demokrasi. Bersama-sama menangkal berita hoaks dan ujaran kebencian yang dapat mengganggu jalannya pemilu 2024.

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

Deklarasi ini juga diharapkan menjadi tonggak penting dalam menjaga stabilitas dan kedamaian selama proses pemilu yang akan datang. Sehingga Indonesia dapat terus maju menuju visi Indonesia emas 2045 dengan penuh persatuan dan kesatuan.

"Saya berharap deklarasi damai ini dapat menjadi contoh yang digelorakan di seluruh wilayah. Apabila ini dilaksanakan di semua tempat, Insya Allah pemilu bisa berjalan dengan lancar, aman, menghasilkan hasil yang legitimate, dan yang terpilih nantinya benar-benar bisa mewujudkan visi Indonesia emas 2045. Ini adalah kerja bersama kita,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. 

Halaman Selanjutnya
img_title