Targetkan Nol Golput, Gerakan Cerdas Memilih Gencar Dilakukan RRI Malang

Lomba kreasi baris berbaris GCM
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

Malang, VIVA – Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Malang kembali menggelar Gerakan Cerdas Memilih di graha theater Politeknik Negeri Malang (Polinema), Minggu, 3 September 2023. Mereka menyebut kegiatan ini sebagai bahan edukasi pemilu bagi pemilih pemula

Komitmen Berantas Korupsi, Pemkot Pasuruan Lakukan Penandatanganan Pakta Integritas

Kepala LPP RRI Malang, Tri Umi Setyawati mengatakan, target mereka adalah nol golput pada Pemilu 2024 mendatang. Gerakan ini diharapkan bisa mengajak para pemilih pemula untuk berpartisipasi secara aktif dalam Pemilu. 

“Kita edukasi pemilih pemula, sehingga no golput melalui gerakan cerdas memilih. Mari luangkan satu menit untuk lima tahun ke depan,” kata Umi. 

Hari Kartini, Gus Ipul dan Fatma Kompak Suarakan Pentingnya Peran Perempuan Dalam Pembangunan Daerah

Umi mengatakan sebagai lembaga penyiaran milik negara mereka akan terus melakukan sosialisasi Pemilu hingga hajatan politik di 2024 mendatang digelar. Sebelumnya Gerakan Cerdas Memilih jilid satu telah digelar di UB dengan melibatkan mahasiswa. 

“Intinya kita terus menggandeng KPU untuk mengajak masyarakat menjadi pemilih cerdas,” ujar Umim 

Pemkot Pasuruan Gelar Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024

Selain edukasi Pemilu oleh KPU dan akademisi, GCM kali ini juga diwarnai lomba kreasi baris berbaris yang diikuti sejumlah perwakilan siswa SMK dan SMA di Kota Malang. Dimana juaranya diraih oleh SMA Taruna Nala di urutan ketiga, SMKN 3 Malang di juara kedua, dan juara pertama diraih SMKN 6 Malang.

“Alasan kaki menggelar lomba kreasi baris berbaris adalah karena lomba ini peminatnya banyak anak muda dimana mereka adalah pemilih pemula yang perlu diberikan pemahaman bagaimana menjadi pemilih yang cerdas. Selain menghibur lomba ini juga memberi pesan terkait pemilu,” tutur Umi.