Menpan RB Sebut Banyak ASN Antre Minta Pindah ke IKN, Didominasi Milenial

Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas
Sumber :
  • Humas MENPANRB

Malang – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB), Abdullah Azwar Anas mengklaim rencana pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada 2024 banyak diminati. Mayoritas adalah kalangan milenial.

Faktor Paling Diwaspadai Arema FC saat Berjumpa PSM

"Belum ada yang ke kami menolak, justru banyak yang ingin kesana. Terutama anak-anak muda milenial," kata Azwar Anas di Universitas Brawijaya, Jumat, 3 Maret 2023. 

Azwar Anas mengatakan, skenario pemindahan ASN ke IKN sudah diputuskan kurang lebih 16.900 ASN dan TNI POLRI. Komposisinya jurang lebih ada 11 ribuN ASN, kemudian 5 ribuan TNI POLRI. Jumlah ini menyesuaikan dengan hunian yang dipersiapkan di ring 1 di IKN. 

Kemendagri Tunjuk Pj Wali Kota Batu jadi Komandan Upacara Hari Otoda di Surabaya

"Sedang proses sekarang, karena tempat rumah dinasnya lagi dipersiapkan berupa tower-tower apartemen yang ada di ring 1. Untuk menyiapkan towernya hampir tidak ada isu karena anggarannya sudah disiapkan dan telah proses sekarang ini," ujar Anas. 

Azwar Anas juga mengungkapkan, bahwa IKN sangat cocok bagi ASN kalangan milenial yang akrab dengan teknologi. Sebab, pemerintah akan menjalankan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik atau SPBE disana. 

Selip Ban, Truk Muatan Kaleng Tabrak Guadril Tol Jomo

"Servis yang basicnya teknologi atau Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik. Jstru ini oporunitynya bagus sekali untuk anak-anak milenial yang akan menjadi ASN di IKN," tutur Azwar Anas. 

Azwar Anas kembali menegaskan bahwa sejauh ini tidak ada penolakan dari ASN yang akan dipindah ke IKN. Bahkan, Kemenpan RB banyak menerima pengajuan dari daerah-daerah. 

Halaman Selanjutnya
img_title