DPRD Desak Pemkot Malang Gencarkan Operasi Pasar Untuk Stabilkan Harga Beras

ilustrasi beras
Sumber :
  • pixabay

Malang – Dewan Perwakilah Daerah (DPRD) Kota Malang mendesak Pemerintah Kota Malang untuk melakukan operasi pasar untuk menjaga stabilitas harga komoditas pangan. Salah satunya harga beras yang kini melambung tinggi. 

Satreskrim Polres Batu Bongkar Perjudian Sabung Ayam di Giripurno

Ketua Komisi B DPRD Kota Malang, Trio Agus Purwono mengatakan, Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Malang harus membuat program pengendalian inflasi untuk menekan kenaikan sejumlah harga kebutuhan pokok. Dirinya memprediksi bahwa kenaikan harga sejumlah komoditas akan terus terjadi dalam beberapa waktu ke depan. 

"Kami minta agar Pemkot bisa memantau dan memonitor terhadap ketersediaan stok dan stabilitas harga komoditas pangan. Kita juga akan minta dilakukannya operasi pasar untuk menstabilkan harga," kata Trio Jumat, 27 Januari 2023. 

Cabor BMX Kota Batu Terancam Gagal Jadi Tuan Rumah Porprov 2025

Politisi PKS ini mengatakan bahwa melalui operasi pasar Diskopindag bakal menjual harga lebih murah. Kemudian mereka juga akan berkoordinasi dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dalam menstabilkan harga bahan pokok di Kota Malang. 

"Dilakukan oleh Diskopindag dengan menjual sembako murah di beberapa titik di tiap kecamatan. Kami juga akan bekerjasama dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah, Satgas Pangan, maupun pihak provinsi dan pusat yaitu Badan Pangan Nasional,” ujar Trio. 

Jadwal Lengkap Pertandingan Perempat Final Piala Asia U23 2024

Sementara itu, Kepala Kantor Perum Bulog Cabang Malang, Siane Dwi Agustina mengatakan untuk menstabilkan harga mereka mendistribusikan 700 ton lebih beras selama kurun waktu satu bulan di Januari 2023. Selain itu, distribusi beras ini juga bagian dari pengendalian inflasi. 

"Karena kami bagian dari TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) maka kami memiliki untuk mengendalikan inflasi. Salah satunya dengan penyaluran beras ke pasaran. Harapannya agar harga kembali stabil," kata Siane. 

Halaman Selanjutnya
img_title