KPU Masifkan Sosialisasi Demi Tingkatkan Partisipasi Pemilu

Ketua KPU Kota Malang Aminah Asminingtyas
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang terus memasifkan sosialisasi sejumlah tahapan menuju Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. Beberapa diantaranya, sosialisasi pembentukan badan PPK (Panitia Pemungutan Kecamatan) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara). 

Kuliah di BINUS Malang Cukup 2,5 Tahun Siapkan Mahasiswa Untuk Berkarir

"Tentunya saat ini kami mengajak masyarakat Kota Malang tidak hanya konsentrasi pada pencoblosan saja. Tapi partisipasi sejak tahapan itu berjalan. Jadi mulai ikut mengontrol mengawasi setiap tahapannya sampai pada akhirnya terpilih (hasil Pemilu)," kata Ketua KPU Kota Malang, Aminah Asminingtyas, Rabu, 23 November 2022. 

Aminah mengatakan, saat ini tahapan yang sudah berjalan yaitu perencanaan, penyusunan regulasi dan sebagainya. Kemudian disusul pendaftaran calon lalu verifikasi serta diakhiri nanti calon peserta partai politik Pemilu 2024. 

Tampil Lepas, Jakarta Pertamina Pertamax Gulung Kudus Sukun Badak 3-0 di Pekan Kedua Proliga 2024

"Sekarang masa pendaftaran sudah berlangsung di Agustus kemarin kemudian dilanjutkan verifikasi administrasi di mana ada 18 parpol yang sudah lolos administrasi," ujar Aminah. 

Kemudian berlanjut ada 9 partai politik yang dilakukan verifikasi faktual karena merupakan parpol Senayan yang sudah memenuhi parliamentary threshold di Pemilu 2019 kemarin. Mereka tinggal menunggu penetapan dari KPU RI di 14 Desember 2022 mendatang. 

RSSA Malang Lakukan Penertiban Aset Rumah Dinas Untuk Direktur di Jalan Ijen

"Sedangkan yang saat ini sedang berjalan verifikasi faktual terhadap 9 parpol secara nasional yang akan dilaksanakan 24 hingga 7 Desember. Itu verifikasi faktual perbaikan bagi parpol yang belum memenuhi syarat," tutur Aminah. 

Aminah pun berharap masyarakat antusias dengan tahapan menuju Pemilu 2024 mendatang. Karena bagaimanapun Pemilu adalah proses untuk memilih para pemimpin untuk 5 tahun mendatang. 

Halaman Selanjutnya
img_title