Elektabilitas NasDem Turun Usai Usung Anies, Ini Hasil Surveynya

Anies Baswedan dan Surya Paloh
Sumber :
  • istimewa

MalangPartai NasDem, telah mendeklarasikan mendukung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden pada Pemilu 2024 mendatang. Namun terkait keputusan mendukung Anies di pemilu 2024 mendatang itu, saat ini belum begitu signifikan dampaknya bagi Partai NasDem. 

Selip Ban, Truk Muatan Kaleng Tabrak Guadril Tol Jomo

Sejumlah lembaga survei justru menyebut Partai NasDem mengalami penurunan suara jika dibandingkan pada Pemilu 2019 yang lalu di mana Partai NasDem memeroleh suara sebesar 9,05 persen. 

Berikut sejumlah lembaga survei yang menyebutkan bahwa elektabilitas Partai Nasdem mengalami penurunan dalam survei terbaru mereka.

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang dan Kejaksaan Negeri Kota Batu Saling Bersinergi

1.Litbang Kompas

 Litbang Kompas merilis hasil survei terbarunya terkait elektabilitas partai politik. Hasilnya menyebutkan bahwa dalam survei yang diadakan pada tanggal pada 24 September-7 Oktober 2022 itu elektabilitas Partai NasDem hanya berada di angka 4,3 persen. 

Dihantui Kelelahan Arema FC Maksimalkan Rotasi Pemain Saat Lawan PSM

NasDem berada di posisi ke tujuh dan kalah elektabilitas dari PKB dan PKS Survei Litbang ini digelar pada 24 September-7 Oktober 2022, dengan mewawancarai 1.200 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 Provinsi. Survei ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error penelitian sebesar kurang lebih 2,8 persen. 

Berikut tingkat elektabilitas sejumlah Parpol di tanah air versi Litbang Kompas: PDIP 21,1 persen, Gerindra 16,2 persen, Demokrat 14,0 persen, Golkar 7,9 persen, PKS 6,3 persen, PKB 5,6 persen, NasDem 4,3 persen, PAN 3,1 persen dan PPP 1,7 persen

Halaman Selanjutnya
img_title