Pakar: Jokowi Punya Kepentingan Bisa Buka Pintu Untuk Anies Baswedan

Jokowi dan Anies Baswedan
Jokowi dan Anies Baswedan
Sumber :
  • istimewa

Malang – Perhelatan Pilpres 2024 dprediksi menonjolkan tiga tokoh utama yang bisa menjadi king atau queen maker.

Tiga tokoh yang dinilai punya keleluasaan politik itu adalah Joko Wododo atau Jokowi, Ketum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, dan Ketum Nasdem Surya Paloh. Demikian analisa dari pakar politik Burhanuddin Muhtadi.

Menurut dia, dari tiga tokoh itu yang paling leluasa untuk mencetak king atau queen adalah Megawati.

Alasannya karena status PDIP sebagai satu-satunya partai politik yang bisa mengusung pasangan capres dan cawapres tanpa koalisi.

"Karena partainya secara politik, teknik administratif sudah cukup untuk bisa menominasikan pasangan capres dan cawapres tanpa harus berkongsi dengan partai lain," kata Burhanuddin dalam Apa Kabar Indonesia Pagi tvOne yang dikutip VIVA pada Minggu, 30 Oktober 2022.

Beda dengan kondisi Surya Paloh yang masih perlu dua parpol memengah untuk memenuhi presidential threshold 20 persen agar bisa meloloskan Anies di 2024. Pun, untuk Jokowi yang statusnya bukan pimpinan parpol.

Namun, ia berpandangan posisi Jokowi di atas kertas merupakan ketua atau komandan tujuh partai pendukung pemerintah.

Hal itu yang memungkinkan Jokowi sebagai pemburu politik untuk menjodohkan parpol pendukungnya bergabung dalam satu aliansi. 

"Nah, satu di antara tujuh sudah dianggap keluar dari jalur. Namanya Nasdem, hehehe (tertawa(. Dianggap ya sekali lagi," sebut Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia tersebut.