Bhineka Tunggal Ika, Karapan Sapi hingga Tokoh 5 Agama Meriahkan Karnaval HUT RI di Muharto Malang

Hasil kreasi karapan sapi warga Muharto
Sumber :
  • VIVA Malang (Hendro Sumardiko)

Malang, VIVA – Ribuan warga Kampung Muharto, Kota Malang menyemarakkan HUT RI ke-79 dengan menggelar pawai karnaval atau kirab budaya pada Minggu 1 Agustus 2024.

Heboh di Kota Malang Mendadak Ada 12 Kucing Mati

Dalam pawai tersebut, mereka membawa pesan Bhineka Tunggal Ika lewat berbagai karya instalasi hingga kostum buatan mereka sendiri.

Mereka menampilkan berbagai kreativitas bersama mulai dari pawai kostum, tarian daerah hingga berbagai kekayaan tradisi kesenian dan budaya nusantara. Total ada 14 RT di seluruh RW 08 ikut memeriahkan karnaval ini. 

Dana Porprov Capai Rp51 Miliar, DPRD Kota Malang Ingatkan Efisien dan Hati-Hati

Aksi paling mencuri perhatian datang dari warga RT 12 RW 08. Mereka menampilkan kreasi ogoh-ogoh Karapan Sapi, tradisi mengarak sapi khas Pulau Madura. Dilengkapi kaleles (alat pacu sapi) dan tukang tongko (joki atau sais), sapi ini diarak keliling sepanjang jalan.

Kemeriahan karnaval HUT RI di Muharto

Photo :
  • VIVA Malang (Hendro Sumardiko)
Ikuti Kontestasi Pilkada, Empat Anggota DPRD Kota Batu Pilih Mundur

Alhasil, aksi mengarak sapi ini menyedot perhatian masyarakat dan pengguna jalan. Tak hanya itu, mereka juga membuat patung sapi perah ikon khas Pujon, Kabupaten Malang. Warga juga memamerkan tari-tarian dengan menggunakan kostum sapi perah.

Yang menarik, dalam iring-iringan tersebut juga menghadirkan tokoh pemuka dari lima agama yang diakui di Indonesia, kura-kura hingga monster. Tak ayal, kawasan Muharto-Kebalen hari itu macet total kurang lebih selama empat jam. 

Halaman Selanjutnya
img_title