Jelang Idul Adha, Dinas Peternakan Jombang Gencar Awasi Hewan Kurban

Petugas Dinas Peternakan saat periksa hewan kurban di Jombang.
Sumber :
  • VIVA Malang (Elok Apriyanto/Jombang)

Jombang, VIVA – Jelang Hari Raya Idul Adha, atau hari raya kurban, Dinas Peternakan Kabupaten Jombang, Jawa Timur, gencarkan pengawasan hewan kurban yang dijual para pedagang untuk dijadikan hewan kurban.

Kuasa Hukum Menilai Polda Jatim Lamban Tangani Dugaan Gratifikasi Politik di Kabupaten Malang

Pengawasan dalam bentuk pengecekan kesehatan hewan, termasuk pemberian vitamin bagi hewan kurban, dilakukan di lapak pedagang, peternak sapi dan tempat yang menyediakan hewan kurban.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Jombang, dr Azis Daryanto mengatakan, jelang hari kurban, pihaknya menggencarkan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di beberapa lokasi.

Kebakaran Gunung Bromo Padam, Luas Terdampak Masih Diidentifikasi

"Kita terus memastikan, berupaya menjamin bahwa kondisi kesehatan hewan kurban yang ada di Jombang dan sekitarnya berada dalam kondisi sehat dan layak untuk dijadikan ternak kurban," kata Azis, Jumat 14 Juni 2024.

Ia pun menyebutkan bahwa hewan kurban ini nantinya tidak hanya dijual ke masyarakat Jombang saja, termasuk ke beberapa daerah di luar kota Jombang.

Capaian Luar Biasa, Tulungrejo Masuk Nominasi 3 Desa Terbaik Sejatim

"Dari beberapa penjual, ada pengiriman ke luar Jombang, Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto. Dan sebagai salah satu syarat itu, hewan itu aman dikirim ke luar Jombang, salah satunya dinyatakan sehat, ada surat keterangan sehat hewan, dan juga sudah divaksin, terutama vaksin PMK," ujarnya.

Ia menegaskan peningkatan pengawasan hewan kurban ini dilakukan untuk menjamin masyarakat yang hendak berkurban pada Idul Adha nanti.

Halaman Selanjutnya
img_title