Dilirik UNESCO, Kota Malang Bakal Jadi Kota Kreatif Dunia pada 2025

Penjabat Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat saat di MCC
Sumber :
  • VIVA Malang / Uki Rama

Malang, VIVA Penjabat Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat mengatakan bahwa Kota Malang ditargetkan menjadi Kota Kreatif Dunia pada 2025. Bahkan UNESCO atau Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa bakal berkunjung ke Kota Malang untuk melihat kesiapan itu. 

Viral Dugaan Pemerasan di Lawang, Polres Malang Lakukan Penyelidikan

"Target kita kota Malang menjadi kota kreatif dunia. Dan UNESCO bulan depan akan turun ke kota Malang untuk melihat secara langsung kota kreatif dunia 2025," kata Wahyu Hidayat di Gedung Malang Creative Center pada Jumat, 26 April 2024. 

Wahyu Hidayat menuturkan sejumlah langkah sudah disiapkan oleh Pemerintah Kota Malang. Mulai dari menyiapkan regulasinya, hingga menyiapkan sarana dan prasarana. 

Wanita Muda Asal Jakarta Ditemukan Tewas di Bawah Jembatan Tunggulmas Kota Malang

"Langkah-langkah yang sudah kita lakukan regulasinya sudah kita siapkan sarana dan prasarana juga sudah kita liha. Sehingga nanti pada saat cek pada pendataan di lapangan oleh UNESCO semua bisa kita tampilkan. Saya optimis bisa karena beberapa elemen terkait dengan UNESCO sudah datang ada beberapa item itu semua sudah sesuai dengan UNESCO," ujar Wahyu Hidayat. 

Wahyu Hidayat sebelumnya mengajak Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki untuk melihat-lihat fasilitas yang ada di MCC. Wahyu menyampaikan kepada Teten bahwa MCC adalah wadah inkubasi anak-anak kreatif anak muda di Kota Malang dalam mengembangkan bakatnya termasuk membangun bisnis dan berjejaring. 

Aksi Pencuri 'Obok-Obok' Sekolah SMA di Jombang Terekam CCTV

"Dan pak Menkop akan melaporkan kepada Presiden RI terkait perkembangan ekonomi kreatif di Kota Malang. Agar saat di Kota Malang Presiden bisa melihat secara langsung perkembangan ekonomi kreatif di Kota Malang termasuk yang sudah dilaksanakan di MCC," tutur Wahyu.

Sebelumnya Menteri Teten mengatakan MCC sebagai sebuah inkubator bagi anak-anak muda kreatif hanya ditemukan di Kota Malang. Kementerian Koperasi sengaja melakukan kunjungan karena melihat MCC sudah sangat baik sebagai model percontohan. 

Halaman Selanjutnya
img_title