RUU Desa Disahkan, Ini Respon Kades di Kota Batu Usai Jabatan Diperpanjang 8 Tahun

Ilustrasi kepala desa
Sumber :
  • Google picture.

Batu, VIVA – RUU tentang perubahan kedua UU nomor 6 tahun 2014 tentang desa sudah disahkan menjadi UU oleh DPR RI. Pengesahan dilaksanakan pada Rapat Paripurna ke 14 di Gedung Nusantara II Senayan, Jakarta, Kamis 28 Maret 2024.

Gus Ipul Gelar Salat Tarawih Bersama Khofifah di Malam Nuzulul Quran

Salah satu poin krusial dari pengesahan itu adalah jabatan kepala desa diperpanjang menjadi 8 tahun maksimal 2 periode menjabat. Tentu hal itu berdampak langsung pada para kepala desa.

Usai disahkan, Wakil Ketua Baleg DPR, Achmad Baidowi menjelaskan jika perubahan UU Desa berlaku secara langsung setelah diundangkan. Semua ketentuan baru, termasuk masa jabatan delapan tahun kepala desa, berlaku segera setelah regulasi tersebut diundangkan.

Pemkot Pasuruan Salurkan Zakat Mal Melalui Baznas 

Dengan demikian, masa jabatan kepala desa yang sedang menjabat akan diperpanjang otomatis hingga delapan tahun total. Misalnya, kepala desa itu sudah menjabat selama lima tahun, berarti ditambah tiga tahun.

Lalu, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian meyakini bahwa UU Desa yang baru akan meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan desa serta mewujudkan cita-cita Indonesia pada tahun 2045. Proses pembentukan UU Desa diharapkan menjadi terobosan dalam meningkatkan kinerja pemerintahan desa dari segi pembinaan masyarakat, pemberdayaan masyarakat, hingga pembangunan desa.

42 Kg Ganja Terungkap Usai MAS Dibuntuti Sepanjang Sumatera Hingga Jawa

Desa diharapkan menjadi kekuatan dan pusat pembangunan, bukan hanya wilayah urban atau perkotaan. Setelah RUU ini diundangkan, pemerintah akan segera mensosialisasikannya kepada semua pemangku kebijakan di tingkat pusat dan daerah serta menyusun peraturan pelaksanaan sesuai dengan amanat RUU tersebut.

Menanggapi itu, Wakil Ketua Asosiasi PEtinggi dan Lurah (APEL) Kota Batu, Andi Faizal Hasan mengaku senang dengan adanya pengesahan UU desa. Namun paling penting bukanlah panjang masa jabatan, tapi apa yang bisa diperbuat. 

Halaman Selanjutnya
img_title