Pawai Ogoh-ogoh di Kota Malang Sambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1946

Pawai Ogoh-ogoh di Kota Malang Sambut Hari Raya Nyepi.
Sumber :
  • VIVA Malang/Moh Badar Risqullah

Malang, VIVA – Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Malang menggelar pawai dan arak-arakan ogoh-ogoh di Alun-alun Tugu Malang, Jawa Timur, pada Minggu, 10 Maret 2024.

Bekas Super Market di Kota Pasuruan Bakal Disulap Jadi Rest Area Bernuansa Arafah

Kegiatan pawai ogoh-ogoh yang digelar mulai pukul 13.00 WIB ini dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1946. Total ada sebanyak tujuh ogoh-ogoh dari Kabupaten Malang dan Kota Malang yang diarak.

Dimulai dari Alun-alun Tugu Malang, ketujuh ogoh-ogoh itu diarak menuju ke Jalan Majapahit, Jalan Basuki Rahmat atau Kayutangan, Jalan Kahuripan, dan kembali lagi ke Alun-alun Tugu Malang.

Turnamen Catur di Jombang, Klub Catur Pionmas Borong Juara

Ketujuh ogoh-ogoh yang diarak tersebut masing-masing bertemakan Wong Samar, Jalandhar, Sang Kala Kalimaya, Tarakasur, Bhatara Kala, Kereb Akasa, dan Aras Ijomaya. Semuanya diarak dengan diiringi musik gamelan khas Bali.

Usai diarak keliling, salah satu satu ogoh-ogoh kemudian dibakar di Alun-alun Tugu Malang. Hal itu sebagai simbol untuk menghanguskan semua energi negatif yang ada di alam semesta dan pada diri manusia.

Pemkot Pasuruan Remikan Gedung PLUT-KUMKM Dorong Kemajuan UMKM

Pawai Ogoh-ogoh di Kota Malang Sambut Hari Raya Nyepi.

Photo :
  • VIVA Malang/Moh Badar Risqullah

Ketua PHDI Kota Malang, I Made Wartana menerangkan, pawai ogoh-ogoh ini merupakan kegiatan rutin yang digelar pihaknya setiap tahun dengan tujuan untuk mengusir atau menetralkan sifat-sifat negatif.

Halaman Selanjutnya
img_title