Dam Balongsono Ditutup, Ratusan Warga di Jombang Langsung Berebut Ikan di Sungai

Ratusan warga mencari ikan saat pembersihan sungai.
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Pengelola Bendungan Balongsono yang ada di Desa Talunkidul, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, Jawa Timur menutup pintu air atau dam. Penutupan dilakukan rutin setahun sekali untuk membersihkan pintu air, sebelum memasuki musim penghujan setiap tahunnya.

Jangan Lewatkan! Live Streaming Indonesia vs Guinea di FIFA Plus, Vision+ dan RCTI+

Penutupan Dam Balongsono menjadi berkah bagi warga setempat. Sebab, saat Dam ditutup air di dalam sungai sepanjang Desa Talunkidul hingga Budugsidorejo, Kecamatan Sumobito, mengering. 

Sehingga warga setempat memanfaatkan kondisi ini untuk mencari ikan di sungai. Ratusan warga pun beramai-ramai turun ke sungai untuk mencari ikan. 

Disangka Guyonan, Rizky Boncell Tegaskan Serius Maju Calon Wakil Wali Kota Malang

Mereka menyebutnya, sebagai budaya ngasat kali. Terlihat ratusan warga turun ke sungai menggunakan peralatan sederhana seperti jala dan saringan ikan. Mereka beramai-ramai menangkap ikan untuk dikonsumsi sendiri maupun dibagikan ke kerabat. 

"Ini tadi dapat 4 jenis ikan, ikan rengkik, keting, bader, dan baderan. Sejak jam 10 malam kemarin sampai sekarang. Dapat 20 kilogram ikan," kata warga Mojoagung, Samsul Hadi Rabu 25 Oktober 2023.

Jelang Penutupan Pendaftaran Calon Bupati, Sumrambah dan Gus Han Resmi Daftar di Demokrat Jombang

Samsul mengaku hasil mencari ikan dalam acara ngasat kali itu, akan dibagi-bagikan kepada saudara dan tetangga. Ini adalah acara rutin yang dinantikan oleh warga Jombang setiap tahunnya. 

"Ya dibagi-bagi, buat konsumsi sendiri, sama tetangga. Acara ini rutin setiap tahun. Warga menyebut acara ini ngelot (dikeringkan). Sudah 4 tahun ikut acara ini, rutin setiap tahun datang, karena acaranya seru," kata Samsul. 

Halaman Selanjutnya
img_title