Kekeringan Meluas, 3 Desa di Jombang Bergantung Suplai Air Bersih

Kekeringan di Dusun Tondowesi, Desa Pojok Klitik
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVAKemarau panjang yang merupakan dampak dari El Nino di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, membuat 5 Dusun di Kabupaten setempat, mengalami kekeringan.

Golkar Kota Malang Tidak Buka Pendaftaran, Sofyan Edi Diusung Jadi Wali Kota

Ke 5 Dusun itu, berada di 3 Desa yang tersebar di 2 Kecamatan yang ada di Kabupaten Jombang. Kondisi ini membuat warga setempat bergantung suplai air bersih dari pemerintah setempat.

Supervisor Pusdalops BPBD Kabupaten Jombang, Stevie Maria atau Pepy menjelaskan, bahwa sampai hari ini, BPBD Jombang tengah melakukan penanganan masalah kekeringan.

Ingin Libatkan Semua Partai Bangun Jombang, Kades Warsubi Daftar ke PDIP

"Sampai hari ini kami masih melakukan penanganan kekeringan, pada 5 Dusun di 3 Desa, pada 2 Kecamatan di Kabupaten Jombang," kata Pepy, Rabu, 25 Oktober 2023.

Ia merinci, 5 Dusun yang mengalami kekeringan itu adalah, Dusun Serning, Desa Banjaragung, Kecamatan Bareng. Selanjutnya Dusun Rapah, dan Dusun Brangkal, Desa Jipurapah. Kemudian Dusun Tondowesi, dan Dusun Klitih, di Desa Pojok Klitih, Kecamatan Plandaan. 

Sumrambah Mantan Wabup Jombang Daftar Bacabup di Kantor DPC PDIP

Ia mengaku penanganan yang dapat dilakukan BPBD saat ini, hanya terkait penanganan darurat. Yakni dengan menyuplai kebutuhan air bersih warga terdampak kekeringan.

"Penanganan yang kami lakukan penanganan darurat ya, dengan droping air bersih untuk kebutuhan hidup dasar masyarakat (kebutuhan makan minum). Ada beberapa hal lain yang kami ambil dan kami koordinasikan dengan BPBD Provinsi Jatim, kami koordinasikan dengan SAR Nasional, untuk bisa memberikan pelayanan termasuk untuk bisa memberikan bantuan-bantuan lainnya," kata Pepy.

Halaman Selanjutnya
img_title