Cegah Banjir, DPUPR Kota Batu Kebut Normalisasi Sungai

Normalisasi sungai yang dilakukan DPUPR Kota Batu
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Normalisasi dengan cara mengeruk sedimentasi di beberapa sungai yang ada di Kota Batu terus dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu.

Melihat Gelaran Car Meet Up 2024 Pertama Kali di Pasuruan

Seperti yang dilakukan di Kali Paron, Dusun Beru, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji yang menjadi langganan banjir saat musim hujan.

Kepala DPUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat menjelaskan normalisasi dilakukan untuk meningkatkan fungsi sungai agar dapat mengantisipasi naiknya debit air ke permukaan tanah, yang selama ini kerap terjadi.

PKB Jombang Optimistis Usung Kades di Pilkada Jombang 2024, Wakilnya Bisa dari Kalangan Nahdliyin

"Jika sedimen terlalu tebal tentu air meluber ketika intensitas hujan cukup tinggi dan bisa menimbulkan banjir. Dalam normalisasi sungai sedimen yang diangkat terdiri dari tanah, sampah rumah tangga, dan lainnya," katanya, Rabu 18 Oktober 2023.

Menurutnya, apabila tidak dilakukan pengerukan secara rutin, maka hal tersebut dapat menyebabkan sungai menjadi dangkal, sehingga mengurangi nilai fungsi sebagai tempat untuk menampung air.

Antusiasnya Ratusan Anak Ikut Lomba Menggambar dan Berhitung PPLIPI Pasuruan

"Pesan saya mohon masyarakat lebih peduli pada lingkungan dengan tidak membuang sampah maupun material lain yang bisa menurunkan fungsi saluran irigasi maupun sungai," tuturnya.