3 Pengembang Perumahan Serahkan PSU ke Pemkot Batu, Total Aset Rp49 Miliar

Proses penandatanganan berita acara penyerahan PSU.
Sumber :
  • Diskominfo Kota Batu

Batu, VIVA – Pemkot Batu seriusi penyerahan Prasarana Sarana Utilitas (PSU). Terbaru ada 3 pengembang perumahan yang menyerahkannya, saat ini total aset yang diserahkan mencapai Rp 49,751 miliar.

Ayo Kawal Perjuangan Timnas, Dengan Nobar Di Stadion Gajayana Kota Malang

Tiga perumahan yang menyerahkan antara lain Perumahan Kusuma Pinus dengan total luas PSU 22.677 meter persegi dengan nilai aset Rp42,224 Miliar. Lalu, Perumahan Permata Garden Regency dengan luas PSU 2.480 meter persegi dengan nilai aset Rp977 Juta dan Perumahan Kayana Regency dengan luas PSU 8.044 meter persegi dengan nilai aset Rp6,550 Miliar.

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai mengatakan pihaknya memang tengah menseriusi penyerahan PSU dari para pengembang. Tujuannya yaitu sebagai wujud transparansi pengembang dalam pemanfaatan sumber daya lokal. 

Pemkot Batu Sediakan 900 Porsi Makanan Gratis saat Nobar Timnas U-23

"Semoga kedepan penyerahan PSU semakin cepat dan kompak demi peningkatan kualitas pelayanan masyarakat. Sehingga nanti pemerintah dapat melakukan perawatan dan pemeliharaan PSU untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat," katanya, Selasa 10 Oktober 2023.

Pasalnya, banyak masyarakat di wilayah perumahan yang meminta pemerintah kota melakukan perawatan dan pemeliharaan fasilitas umum. Namun pemerintah tidak bisa mengabulkan karena terkendala status PSU yang belum diserahkan. 

Dilirik UNESCO, Kota Malang Bakal Jadi Kota Kreatif Dunia pada 2025

"Banyak masyarakat di lingkungan perumahan yang ingin mendapatkan bantuan pemerintah. Namun mengingat masih belum ada serah terima PSU, maka pemerintah sulit melakukan pembangunan PSU perumahan," ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Jatim ini berkeinginan langkah-langkah kolaborasi bersama Kejaksaan Negeri Kota Batu dan BPN Kota Batu bisa memotivasi pengembang lain untuk segera menyerahkan PSU ke pemerintah.

Halaman Selanjutnya
img_title