Kisah Yunus Terinspirasi Pendiri NU, Tunaikan Haji Dengan Sepeda Gunung

Kisah Yunus naik haji pakai Sepeda Gunung
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Sungguh nekat hal yang dilakukan Yunus (42 tahun) alumni pondok pesantren (Ponpes) Tebuireng, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Abah Anton Mengaku Tak Kapok Maju Pilwali Meski Pernah Tersandung KPK

Bagaimana tidak nekat, warga Kasembon, Kabupaten Malang itu, berangkat ke tanah suci, menunaikan ibadah haji melalui jalur darat menggunakan sepeda gunung miliknya. Perjalanan darat dia mulai pada 7 Juli 2022 lalu. 

Usai tiba di tanah air, pada 19 April 2023. Yunus menyempatkan diri mampir ke Pondok Pesantren Tebuireng tempat dulu ia menimba ilmu agama dengan menggunakan sepeda gunung miliknya yang dia gunakan menunaikan ibadah haji. 

Ingin Bawa Indonesia U23 ke Olimpiade Paris 2024, Shin Tae-yong Target Menang Lawan Uzbekistan U23

Kedatangan Yunus disambut hangat oleh keluarga besar Ponpes Tebuireng dan juga ratusan santri. Setelah itu Yunus turun dari sepedanya ia langsung berjabat tangan dengan Kiai Haji Irfan Yusuf Hasyim dan Kiai Haji Luqman Hakim

Setelah menyampaikan rasa rindu pada kyai-kyainya, Yunus bercerita dihadapan para santri saat ia nyantri di ponpes Tebuireng. 

Polisi Bekuk Komplotan Pembobol Rumah di Malang

Ia mengaku, menyematkan niatnya berangkat ke tanah suci melalui jalur darat, sejak duduk di bangku kelas 3 Sekolah Dasar (SD) usai membaca buku sejarah perjalanan Kiai Haji Hasyim Asy'ari.

"Setelah membaca Sirah Kiai Haji Hasyim Asy'ari, disitu banyak cerita perjalanan beliau, sehingga saya ingin mengamalkannya dengan cara pergi beribadah haji tempuh jalur darat," kata Yunus, Kamis, 7 September 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title