Dua Awan Pemicu Hujan Muncul di Jombang, Sejumlah Daerah Rawan Hujan Lebat

Ilustrasi hujan
Sumber :
  • VIVA/Satria Zulfikar

Jombang, VIVA – Munculnya dua jenis awan yang mampu menyebabkan hujan lebat di sejumlah wilayah yang ada di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, membuat BPBD Kabupaten Jombang mengeluarkan peringatan dini pada masyarakat.

Melek Media, APEL Batu Gandeng PWI Malang Raya Gelar Diskusi Jurnalistik

Dua awan itu adalah awan Alkomulus dan Cumulonimbus. Masing-masing awan ini merupakan awan yang berpotensi menghasilkan hujan lebat, kilat atau petir, angin kencang (downburst), hingga puting beliung.

Supervisor Pusdalops BPBD Kabupaten Jombang, Stevey Maria mengatakan, sejumlah wilayah di Kabupaten Jombang diperkirakan akan mengalami hujan deras disertai angin.

Viral Petugas Sampah Jadi Korban Tabrak Lari di Dinoyo Kota Malang

Hal ini dikarenakan adanya beberapa awan yang memiliki karakter penyebab terjadinya hujan, telah nampak di sejumlah daerah di Jombang.

"Munculnya awan Alkomulus dan Cumulonimbus itu, potensi angin kencang hujan deras atau yang biasanya kita sebut sebagai bencana hidrometeorologi otomatis meningkat," katanya, Sabtu 8 Juli 2023.

Aksi Pencurian Kotak Amal Masjid Viral di Pujon, Kabupaten Malang

Oleh karena itu, sambung Stevey, sejumlah daerah yang ada di wilayah kecamatan Perak, Gudo, Ngoro, Diwek, Jombang, Plandaan, Bandarkedungmulyo, dan Megaluh berpotensi mengalami hujan deras dan angin kencang.

"Maka otomatis di kabupaten Jombang di beberapa tempat yang berpengaruh. Akan tetapi data itu fluktuatif. Karena setiap hari masih ada kemungkinan perluasan terjadinya hujan deras dan angin kencang," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title