Serangan Hama Wereng Masif di Jombang, Petani Padi Terancam Gagal Panen

Ketua KTNA Jatim, Sumrambah.
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Sedikitnya ada 76 hektare dari 19 ribu hektare tanaman padi di beberapa wilayah Kabupaten Jombang, Jawa Timur terancam gagal panen tahun ini. Serangan hama wereng menjadi biang keladinya. 

Bawaslu Kota Batu Buka Pendaftaran Panwascam, Simak Ini Syarat dan Jadwalnya

Tak hanya di Jombang. Serangan hama wereng dilaporkan juga menyasar tanaman padi petani di daerah lain. Sejumlah tanaman padi milik petani di beberapa kabupaten sekitar Jombang dilaporkan juga terserang hama wereng. 

Adanya kondisi tersebut, Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Jawa Timur, Sumrambah mengajak seluruh steakholder dan para petani untuk gencar melakukan penyemprotan masal. Sebagai langkah pengendalian hama tersebut.

Ini Nama 50 Calon Terpilih Anggota DPRD Jombang yang Ditetapkan KPU

"Permasalahan wereng ini terjadi di beberapa daerah, termasuk juga Jombang. Di berapa Kecamatan ya, mulai Tembelang, kemudian daerah Megaluh, itu sudah mulai terserang," ujar Sumrambah, Rabu 21 Juni 2023.

Berdasarkan catatan KTNA Jatim, fenomena serangan hama wereng ini hampir mirip dengan fenomena serangan hama potong leher atau cendawan pyricularia oryzae, yang terjadi di tahun 2012 silam.

Seorang Pria di Kota Malang Bacok Istri yang Hamil 4 Bulan Diduga Karena Cemburu

"Pada 2012, saat pyricularia mulai menjalar waktu itu ada di daerah, sebarannya adalah Lamongan, Bojonegoro dan Jombang. Hari ini wereng ada 3 ini (Kabupaten) yang tertinggi," tuturnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati Jombang ini juga meminta agar Dinas Pertanian di daerahnya dan daerah lain melakukan upaya intensif.

Halaman Selanjutnya
img_title