Kemarau Tiba, BPBD Kota Batu Waspadai 2 Area Langganan Kebakaran Hutan

Kebakaran hutan dan lahan di Kota Batu yang terjadi pada tahun 2019.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

MalangBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu mewaspadai adanya potensi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di dua area yaitu lereng Gunung Panderman dan Gunung Arjuno.

Live Streaming Indonesia U23 vs Australia U23 di RCTI+ dan Vision+

Kepala BPBD Kota Batu, Agung Sedayu membenarkan hal tersebut. Apalagi BMKG sudah memprediksi pada bulan Juni sampai Agustus merupakan puncak kemarau sehingga cukup rawan terjadi karhutla.

"Kami pun sudah melakukan beberapa langkah mitigasi seperti memetakan daerah rawan karhutla dan meningkatkan koordinasi dengan Perhutani serta masyarakat," katanya, Rabu 31 Mei 2023.

Masyarakat Bakal Gugat Pemkot Batu Usai Adanya Sampah Terkubur di Stadion Brantas

Tujuan koordinasi jika sewaktu-waktu ada laporan titik api semua pihak sudah siap melakukan penangganan cepat agar titik api tidak menyebar dan segera dipadamkan. Kalau untuk penyebab kebakaran dipengaruhi beberapa faktor, faktor utama yaitu ulah manusia.

"Entah saat membuat api unggun lalu lupa tidak dimatikan atau saat melakukan pembakaran lahan. Selain itu faktor alam, misalnya saat angin kencang membuat ranting maupun daun kering bergesekan hingga menimbulkan percikan api," ujarnya.

Ajukan Tambahan Disporapar Ingin 39 Venue Cabor Porprov Tanding di Kota Malang

Agung pun menghimbau agar masyarakat yang sering beraktivitas ke hutan maupun para pendaki gunung bisa menjaga lingkungan, salah satunya tidak sembarangan membuang putung rokok.

"Paling penting yaitu meminimalisir api, misal tidak lupa mematikan api unggun khususnya para pendaki. Kemudian jangan melakukan pembakaran lahan di saat kemarau," tuturnya.