Labfor Bawa Sampel Dari Malang Plaza, Hasil Bakal Keluar Satu Pekan ke Depan

Ketua Tim Labfor Polda Jatim, Kombes Pol Djoko Siswanto
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jawa Timur merampungkan penyelidikan tahap awal kebakaran di Malang Plaza, pada Kamis, 4 Mei 2023. Tim telah menyisir hampir seluruh bagian gedung untuk mencari penyebab kebakaran yang terjadi pada Selasa, 2 Mei 2023 dini hari.

Perusahaan Rokok Asal Korea Investasi Pembangunan Pabrik Senilai Rp6,9 Triliun di Pasuruan

"Kami tadi di lantai 1, 2 dan 3 yang mengalami kerusakan kita sisir. Kami cari pola perambatan api baru nanti akan ketemu. Kalau ada data yang kurang kita akan datang lagi," kata Ketua Tim Labfor Polda Jatim, Kombes Pol Djoko Siswanto, Kamis, 4 Mei 2023.

Djoko menuturkan bahwa hasil penyelidikan tim Labfor Polda Jatim baru bisa diketahui satu pekan hingga 10 hari ke depan. Tim mengamankan sejumlah barang bukti diantaranya arang abu dan kabel untuk diproses di labolatorium milik polisi.

Pembelaan Arema FC Soal Predikat Tim Liga 1 Paling Sering Dapat Penalti

"Sekitar se-Minggu sampai 10 hari karena harus mengambil arang, abu dengan alat akan kita kompaire. Ada arang abu, kabel, akan kita uji apakah terbakar dari luar atau dalam baru ada kesimpulan," ujar Djoko. 

Djoko menyebut, bahwa sejumlah barang bukti itu diambil secara merata mulai dari lantai 1 hingga lantai 3. Abu arang dan kabel diambil untuk pemeriksaan arsen. Dari sinilah petunjuk barang-barang yang mudah terbakar termasuk sumber api akan diketahui. 

Opini : Kemenangan Prabowo Gibran dan Mimpi Indonesia Emas 2045

"Kita ambil di lantai 1 2 3 untuk di kompair. Sumber api belum tahu. Arang dan abu ini untuk pemeriksan arsen, arsen itu untuk mengetahui benda yang mudah terbakar," tutur Djoko.

Setelah itu otoritas keamanan gedung diserahkan ke Polresta Malang Kota. Karena pasca kebakaran banyak pemilik outlet yang ingin melihat kondisi outlet mereka. Sementara itu, tugas Labfor hanya mencari sumber api dan penyebab kebakaran. 

Halaman Selanjutnya
img_title