Pemkot Malang Bakal Bikin Ring Road di Kawasan Timur Untuk Urai Kemacetan

Wali Kota Malang, Sutiaji
Sumber :
  • Viva Malang

MalangPemerintah Kota Malang sedang melakukan komunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Malang dalam rencana pembangunan ring road atau jalan lingkar untuk mengatasi kemacetan di dalam kota. 

Usai Dipecundangi Persebaya, Widodo : Kecewa Secukupnya Tatap Laga Selanjutnya

Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan, bahwa rencana ini sudah dimasukan dalam Rencana Tata Ruang Wilayah. Lokasi ring road nantinya akan ada di kawasan Kota Malang sebelah timur. 

"Itu sudah kami masukan ke RTRW, jadi ring road timur nanti kendaraan besar mohon tidak melintas di dalam kota. Lalu juga ada terminal kargo. Kalau ring road itu dengan Pemerintah Pusat karena ada pembebasan lahan," kata Sutiaji, Senin, 17 April 2023. 

Motivasi dari Widodo C Putro untuk Pemain Arema FC Usai Tumbang Dari Persebaya

Ring road di kawasan Timur Kota Malang akan berdekatan atau terintegrasi dengan akses menuju jalur Exit Tol Madyopuro atau exit Tol Malang. Sutaji menyebut ring road salah satu solusi jangka panjang mengatasi kemacetan di Kota Malang. Tujuannya agar penumpukan kendaraan yang masuk dapat diurai. 

“Jadi ring road, underpass dan pelebaran jalan adalah upaya yang dilakukan untuk mengatasi kemacetan dalam jangka panjang," ujar Sutiaji. 

KoinWorks Tingkatkan Kesadaran Berinvestasi Melalui Yoga

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Malang, I Made Rian Diana Kartika mengatakan, kemacetan di dalam Kota Malang disebabkan adanya pergerakan kendaraan dari Kota Batu dan Kabupaten Malang. Untuk itu, dia menyarankan wali kota untuk aktif berkomunikasi dengan kepala daerah di Malang Raya. 

“Menurut saya wajib komunikasi. Kemudian lingkar barat dan timur, sebaiknya diserahkan ke pusat karena tidak mungkin APBD di Malang Raya ini mampu," tutur Made.