Penyebab Alun-Alun Tugu Kota Malang Belum Direnovasi

Pagar tembok Alun-alun Tugu, Kota Malang bakal dibongkar
Sumber :
  • Viva Malang

MalangDPRD Kota Malang mempertanyakan progres renovasi Alun-alun Tugu. Awalnya rencana renovasi dilakukan pada Maret 2023 ini. Namun, sampai jelang akhir bulan belum ada progres pembangunan sama sekali. 

Dukung Persiapan Arus Mudik Lebaran, Polisi dan TNI di Jombang Sidak SPBU

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang, Noer Rahman Wijaya mengatakan bahwan progres renovasi sudah masuk ke Rencana Pelaksanaan Pengadaan (RPP) dokumen di Bagian Layanan Pengadaan (BLP). Katanya, renovasi Alun-alun Tugu Malang merupakan proyek strategis. 

"Namun karena informasinya proyek strategis, sehingga perlu adanya review. Sekarang sedang ada di inspektorat. Insya Allah masih sesuai dengan waktu pelaksanaan yang kami harapkan. Sisa waktu pelaksanaan nanti masih tersisa sekitar lima bulanan. Jadi kami nanti masih pakai dokumen pelaksanaan di sekitar empat bulanan, saya rasa masih sesuai dengan waktu," kata Rahman.

Usai Dipecundangi Persebaya, Widodo : Kecewa Secukupnya Tatap Laga Selanjutnya

Alun-alun Tugu akan direnovasi untuk menyesuaikan desain awal di zaman kolonial. Pagar Alun-alun Tugu Malang akan dihilangkan. Lalu pedestrian yang awalnya berukuran 2 meter akan dilebarkan menjadi 5 meter. Kemudian, penataan taman hingga normalisasi saluran air,. Total DLH Kota Malang mengalokasikan dana sekitar Rp7 miliar.

"Banyak yang perlu kami persiapkan untuk menyusun dokumen perencanaan karena itu sesuai hasil review DED yang dilakukan oleh PU, dan diserahkan ke DLH. Saat ini DLH belum menetapkan HPS, kami masih mengkaji itu. Ini kan termasuk proyek strategis, kami juga sampaikan ke APH," ujar Rahman. 

Motivasi dari Widodo C Putro untuk Pemain Arema FC Usai Tumbang Dari Persebaya

Sebelumnya. Letua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika sempat menyentil progres renovasi Alun-alun Tugu, Kota Malang. Dia mengingatkan, agar Pemkot Malang tidak hanya menggebuh saat pembahasan namun loyo saat proses eksekusi rencana renovasi. 

"Pada saat perencanaan luar biasa menggebunya, tapi saya belum lihat progresnya, contoh rencana pembangunan Alun-alun Tugu. Saat pembahasan luar biasa, saat eksekusi ada kendala-kendalanya," kata Made, Selasa, 21 Maret 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title