Upacara Tawur Agung Kesanga di Alun-alun Tugu Dilakukan Ribuan Umat Hindu

Ogoh-ogoh di bakar di depan Alun-alun Tugu, Kota Malang
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Ribuan umat Hindu di Malang Raya larut dalam upacara Tawur Agung Kesangan di depan Alun-alun Tugu, Kota Malang, pada Selasa, 21 Maret 2023. Upacara suci ini adalah ritual untuk penyucian diri dari roh jahat dan kekuatan-kekuatan jahat. 

Serambi MyPertamina Primadona Layanan Bagi Pemudik di Jatim

Mereka juga mengarak 10 ogoh ogoh raksasa, beberapa diantaranya dibakar usai di arak keliling ke tengah kota. Upacara ini mampu menarik minat masyarakat. Mereka mempadati sekitaran Alun-alun Tugu, Kota Malang. 

Ketua DPRD Kota Malang, I Made Rian Diana Kartika mengatakan, bahwa simbol pembakaran ogoh-ogoh untuk membuang segala energi negatif. Dia mengatakan bahwa ogoh-ogoh bukan menyembah yang seram namun untuk pencuian diri. 

Hari ke 3 Pencarian, Jasad Anton Ditemukan Tim SAR Mengapung Di Pinggir Sungai Brantas

"Ogoh ogoh setelah dikirab itu dibakar. Ini supaya energi energi negatif yang dilewati ogoh ogoh ini terserap. Kemudian setelah terserap baru kita bakar dalam bentuk pembersihan. Makna ogoh ogoh ini bukan menyembah yang serem. Tapi itu menyerap hal negatif dan kemudian dibakar bersama sama sehingga bumi bisa bersih," kata I Made Rian. 

Ada 10 ogoh-ogoh yang dibakar dalam pawai ini. 10 ogoh-ogoh ini memiliki nama dan arti yang berbeda. 10 ogoh-ogoh ini merupakan perwakilan dari beberapa pura yang ada di wilayah Malang Raya. 

Harga Bawang Merah dan Putih di Jombang Meroket, Harga Daging Ayam Kalah

Pertama, Sang Yamadhipati atau dewa kematian, yang berarti rajanya neraka. Dia penglimanya mahkluk makhluk Kingkara atau penjaga neraka. Nama itu berkaitan erat dengan tugas yang diemban yaitu sebagai penunggu neraka. Sang Hyang Yamadipati dipercaya bertugas mencabut nyawa manusia yang sudah sampai pada batas waktunya. 

Kedua, Kraken yakni hewan laut raksasa yang memiliki tentakel panjang dan ditakuti oleh para pelaut. Kraken merupakan penghuni lautan yang akan memusnahkan manusia bila memiliki sifat tamak atau rakus dan akan memberikan anugerah pada manusia yang senantiasa melestarikan lautan.

Halaman Selanjutnya
img_title