Lama Tak Muncul, Bjorka Jual Data Pelanggan MyPertamina

Bjorka
Bjorka
Sumber :
  • doc viva

Malang – Lama tak terdengar kabarnya, hacker Bjorka kembali muncul dan menghebohkan publik. Ia diketahui menjajakan 44 juta data pelanggan di akun MyPertamina pada forum Breached.

Total keseluruhan file yang dijual berjumlah 44.237.264 dengan total data yang di-compressed 6GB dan uncompressed 30GB. Data yang bocor termasuk nama, email, nomor induk kependudukan (NIK), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), nomor telepon, alamat, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, pendapatan (harian, bulanan, tahunan) dan lain sebagainya.

Bjorka menjualnya dengan banderol harga US$25 ribu atau Rp392 juta. Dia hanya menerima dalam bentuk Bitcoin dan calon pembeli bisa menghubunginya melalui Telegram https://bjork.ai atau Twitter @bjorkapipa.

"MyPertamina is a digital financial service platform from Pertamina that integrated with the apps LinkAja. This application is used for non-cash fuel oil payments at Pertamina's public fueling stations," tulis Bjorka di forum, dikutip pada Kamis, 10 November 2022. 

Bjorka mengatakan, MyPertamina adalah platform layanan keuangan digital dari Pertamina yang terintegrasi dengan aplikasi LinkAja. Aplikasi ini digunakan untuk pembayaran BBM non-tunai di SPBU Pertamina.

Sebagai informasi, dugaan kebocoran database MyPertamina ini sebelumnya juga sempat dibagikan oleh akun Twitter @FalconFeedsio. Keseluruhan data yang berjumlah 44.237.264 data itu, disebut-sebut telah dijual di situs hacker Breached.to. 

"Basis data MyPertamina telah ditambahkan ke forum peretas untuk dijual oleh Bjorka. Pelaku ancaman mengklaim memiliki 44.237.264 catatan, yang berjumlah hingga 30GB data," cuit akun @FalconFeedsio, Kamis 10 November 2022.