Periode Arus Mudik, Konsumsi Pertamax dan Dex Series Alami Kenaikan

SPBU Pendem Batu.
Sumber :
  • VIVA Malang / Galih Rakasiwi

Batu, VIVA Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus mencatat rerata konsumsi BBM Pertamax Series mengalami kenaikan sebesar 26,3 persen dan Dex Series sebesar 8,4 persen selama periode arus mudik tanggal 25 Maret sampai 11 April 2023.

Ribuan Penonton Padati Nobar Garuda Muda di Pasar Induk Among Tani

Area Manager Comm Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Ahad Rahedi mengatakan kenaikan tersebut lebih tinggi dari prediksi awal sebesar 13,5 persen untuk Pertamax Series, dan 5,9 persen untuk Dex Series dibandingkan dengan konsumsi normal harian untuk Pertamax Series 2.260 kilo liter/hari dan Dex Series sebesar 335 kilo liter/hari.

"Prediksi kenaikan karena banyak konsumen cenderung memilih BBM berkualitas karena takut kendaraannya bermasalah di tengah jalan. Konsumsi BBM Pertamax dan Dex Series tertinggi tercatat pada hari Sabtu 6 April 2024 yang dikategorikan merupakan puncak arus mudik dengan realisasi kenaikan sebesar 26,8% dari sales normal. Diprediksi puncak kedua terjadi tanggal 13 April 2024 pada arus balik lebaran 2024," katanya, Jumat 12 April 2024.

Mas Dion, Kader Militan PKB Mantap Maju Cabup Pasuruan 2024

Ahad melanjutkan, disaat wilayah lain kondisi rest areanya mengalami lonjakan traffic pemudik bahkan ada yang sampai di tutup, di Jatimbalinus sendiri kami memonitor kondisi spbu relatif lengang. 

“Beberapa Modular Kiosk (Dispenser Portable), Total ada 15 unit, membantu untuk memecah antrian baik yang ditempatkan di SPBU maupun di rest area tanpa SPBU. Sosialisasi pembayaran cashless yang selama ini digalakkan juga sangat efektif mengurangi antrian," tuturnya.

Live Streaming Indonesia U23 vs Uzbekistan U23 di RCTI dan Vision+

Meski demikian Ahad mengaku pihaknya tetap siaga dan mengencangkan ikat pinggang pada momen arus balik. 

“Jatimbalinus akan menjadi titik nol pemudik terutama dari Jatim dan Bali yang akan memulai perjalanan ke Barat. Beberapa titik krusial yang menjadi perhatian hasil koordinasi dengan Dirlantas masing-masing Polda sudah kita antisipasi. Stok BBM dan LPG sudah kita pertebal hingga 30 persen lebih," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title