RSSA Malang Tangani Pasien Anak Gagal Ginjal Akut, 1 Dalam Perawatan

RSSA terima Pasien Gagal Ginjal Akut Anak
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang menangani dan merawat pasien anak yang terkena Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GgGAPA) sejak bulan Agustus lalu.

Kota Batu Terancam Gagal Jadi Tuan Rumah Cabor BMX di Ajang Porprov 2025

Namun, saat ini, tinggal satu pasien anak saja yang sedang menjalani perawatan. Pasien yang diperkirakan mengalami GGAPA, dikarenakan terdapat beberapa kondisi gejala yang mengarah ke penyakit tersebut.

“Ada kasus yang kita sedang rawat, masih ada 1 pasien yang sedang kita rawat dirawat di ruang NICU, Ada kecurigaan ke arah gangguan ginjal akut progresif atipikal,” dr. A. Susanto Nugroho, Sp. A (K).

Jadwal Lengkap Pertandingan Perempat Final Piala Asia U23 2024

Melanjutkan, Dokter Spesialis Anak RSUD Saidul Anwar, dr Krisni S Sp A (K) menjelaskan, pasien yang terindikasi GgGAPA di RSUD Saiful Anwar yang pernah dirawat maupun sedang dirawat mayoritas adalah anak dibawah umur 5 tahun atau balita.

“Gejalanya sama. Paling banyak adalah demam dan diare. Lalu ada penurunan jumlah urine maupun tidak sama sekali,” tegas dr Krisni. Turut menjelaskan dr Astrid Kristina Kardani Sp A (K), M Biomed, yang juga tim dokter spesialis anak RSUD Saiful Anwar.

8 Tim yang Lolos Perempat Final Piala Asia U23 2024, Indonesia U23 Satu-satunya Tim Debutan

Dari keseluruhan jumlah pasien anak GgGAPA yang dirawat sekitar 60 persen sembuh atau survive, sisanya meninggal dunia.

Sementara itu, Direktur RSSA, dr Kohar Hari Santoso menjelaskan, saat ini RSSA menjadi rumah sakit rujukan kasus GgGAPA. Pihaknya masih terus memantau perkembangan kasus di wilayah jangkauan.

Halaman Selanjutnya
img_title