Dosen UMM Sebut Penugasan Buku Ramadan Bantu Siswa Bentuk Karakter Islami

Dosen Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMM, Erna Yayuk
Sumber :
  • Humas UMM

Malang, VIVA – Dosen Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Erna Yayuk menilai penugasan buku Ramadan disetiap sekolah bagi siswa-siswi muslim sangat penting dalam pembentukan karakter anak. 

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

Buku aktivitas Ramadan biasanya berisi keperluan laporan salat tarawih, salat wajib belajar puasa hingga sedekah dan zakat. 

"Melalui buku ini, guru, orang tua, atau wali dapat membimbing anak dalam mengikuti kegiatan Ramadan. Ini juga dapat meningkatkan kecerdasan spiritual anak, memperkuat rasa keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Puasa sebagai salah satu rukun Islam akan membentuk karakter tangguh, sabar, ikhlas dan solidaritas," kata Erna, Senin, 25 Maret 2024. 

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

Erna menyebut penugasan buku Ramadan sangat penting dalam pembentukan karakter anak karena menjadi alat self-asessment untuk memantau perkembangan kegiatan keagamaan selama bulan Ramadan. 

Menurut, Erna buku aktivitas Ramadan dapat meningkatkan nilai-nilai karakter seperti jujur, tanggung jawab, toleransi dan empati. Anak juga akan mendapatkan pengetahuan agama yang meningkatkan kecerdasan intelektual melalui kajian-kajian pada bulan suci ini.

Ada Desakan Jadi Dirut Tugu Tirta, Samsul Pilih Komitmen di Perumda Tirta Kanjuruhan

"Buku penugasan Ramadan menjadi alat efektif karena terdapat jadwal puasa, salat lima waktu dan tarawih yang perlu ditandai dengan tanda centang jika telah dilaksanakan. Ada juga kolom ceramah setelah salat tarawih yang perlu diisi dengan tema ceramah, nama penceramah dan tanda tangan. Biasanya Buku kegiatan Ramadan juga berisi laporan pelaksanaan salat wajib dan salat sunah selama bulan Ramadan," ujar Erna. 

Ada juga tadarus Al-Quran dengan menuliskan nama surat dan ayat yang dibaca dan tanda tangan pembimbing. Dengan mengisi buku kegiatan Ramadan dengan baik, anak-anak akan terbiasa menjalankan ibadah dan kegiatan keagamaan secara teratur dan tertib.

Halaman Selanjutnya
img_title