Mahasiswa UMM Sabet 3 Penghargaan dalam Ajang Internasional di Turki

Mahasiswa UMM M Zair Baitil Atiq raih 3 penghargaan internasional
Sumber :
  • Humas UMM.

Malang, VIVA – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) prodi Hubungan Internasional (HI), Muhammad Zair Baitil Atiq meraih 3 penghargaan internasional. 3 penghargaan sekaligus itu diraih dalam Fully Funded Istanbul Youth Summit yang diselenggarakan oleh Youth Break The Boundaries di Istanbul, Turki pada 3 hingga 7 Maret 2024 lalu. 

Semakin Jauh Dari Zona Degradasi, Arema FC Tetap Gaspol

Pria yang akrab disapa Zair itu berhasil membawa pulang penghargaan sebagai juara 1 Best Project, Best Participant, dan Most Active Group dalam ajang itu. Program ini berfokus pada Sustainable Development Doals (SDGs) yang mempunyai 17 poin utama. 

Zair mengungkapkan, pada kesempatan kali ini hanya berfokus pada empat poin, yaitu Good Health and Well-Being (SDGs 3), Equality Education (SDGs 4), Decent Work and Economic Growth (SDSs 8), dan Climate Action (SDGs 13). 

Kalahkan Korea Selatan U23, Erick Thohir Bangga Indonesia U23 Lolos Semifinal Piala Asia U23 2024

Mahasiswa dari berbagai negara dibagi menjadi beberapa kelompok dari setiap Universitas. Zair memilih untuk mengambil tema dari SDGs 13 dan mempersiapkan beberapa program unggulan sejak bulan Desember 2023 lalu. 

“Kami menawarkan inovasi untuk kepentingan masyarakat. Inovasi tersebut ialah membentuk sebuah komunitas yang bernama Amerta Bumi yang berupaya menyadarkan manusia agar melakukan waste management. Terobosan ini juga berjalan berdasarkan riset yang sudah saya lakukan,” kata Zair, Rabu, 20 Maret 2024. 

Segini Gaji Petugas PPK pada Pilkada 2024 Jombang

Zair menuturkan hasil penyusunan inovasi dipresentasikan secara langsung di Golden Tulip Hotel Istanbul. Selama 4 hari kegiatan, ia bertemu dengan 152 partisipan dari 27 negara. Pada hari ketiga, dia mempresentasikan Amerta Bumi ini. 

"Beberapa kegiatan menarik yang kami tawarkan adalah internasional webinar, content education, membuat website, prototype alat, dan lainnya. Saat menginjak hari terakhir, saya tidak menyangka bisa memborong banyak penghargaan,” ujar Zair. 

Halaman Selanjutnya
img_title