5 Mahasiswa Penyandang Disabilitas Wisuda di Universitas Brawijaya

Salah satu wisudawan Dhimas Dadyo Wicaksono
Sumber :
  • Humas UB

Malang, VIVA – Wisuda Periode XIV Universitas Brawijaya (UB) meluluskan 767 wisudawan di Gedung Samantha Krida pada Minggu, 10 Maret 2024 kemarin. Membuat lebih spesial ada 5 penyandang disabilitas yang menjadi wisudawan. 

Dilirik UNESCO, Kota Malang Bakal Jadi Kota Kreatif Dunia pada 2025

Mereka adalah Dimas Dadyo Wicaksono, Hafiz Ilmi, Hafiza Kartikasari, Endjie Apta Martiazharine, dan Rizkya Adin Ardiansyah

Dhimas Dadyo Wicaksono adalah mahasiswa lulusan Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UB dengan IPK 3,57. Dia adalah penyandang disabilitas low vision namun tidak membuatnya kesulitan dalam proses perkuliahan.

Penggemar Modena di Malang Kini Dimanjakan Dengan Inovasi Produk Baru

“Selama kuliah, lingkungan fakultas dan kampus cukup ramah dalam menyediakan akses dan layanan bagi difabel. Saya tidak pernah pakai pendamping baik saat belajar di kelas, turun lapang untuk KKN/Magang, ataupun pengerjaan skripsi,” kata Dhimas. 

Dhimas yang berasal dari Surabaya bersyukur karena mendapatkan banyak bantuan dari dosen-dosen Prodi Sosiologi saat mengalami kesulitan membayar UKT. Dia bahkan aktif di pelbagai organisasi, di antaranya BEM FISIP, Fordimapelar, BGC, dan Forum Mahasiswa Peduli Inklusi (FORMAPI). Ia juga membuat KOPINUS, yakni Komunitas Peduli Inklusi Nusantara. 

Pawai Budaya Kota Malang, Wahyu Hidayat Diserbu Emak-emak Diajak Selfie

“Sejak saat itu saya fokus melakukan pergerakan sosial dalam rangka menyebarkan dan meningkatkan benih inklusivitas di tengah masyarakat, sehingga KOPINUS menjadi salah satu komunitas berskala nasional yang fokus dalam isu-isu inklusivitas,” ujar Dhimas. 

Selama kuliah Dhimas juga menorehkan sejumlah prestasi. Di antaranya juara 3 Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional 2018 oleh Universitas Hang Tuah, juara 3 lomba lari 100M dalam Kejuaraan Nasional 2019, oleh National Paralympic Committee of Indonesia, Best Speaker dalam TEDx Universitas Brawijaya 2020 di Kota Malang, serta dinobatkan sebagai mahasiswa terinspirasi UB dalam Program Euphoria Brawijaya 2021. Ia juga pernah menjadi asisten praktikum pengabdian di desa.

Halaman Selanjutnya
img_title