Akibat Carut Marut Poltekom Malang, Dosen Terima Gaji Tidak Layak Selama 3 Tahun

Spanduk protes mahasiswa Poltekom Kota Malang
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

Malang, VIVA – Kisruh Politeknik Kota Malang (Poltekom) ternyata berjalan hampir 3 tahun. Hal ini diawali dari gaji dosen yang kurang sejak April 2023. Dimana dosen yang seharusnya menerima gaji Rp3 juta hanya menerima Rp1 juta. 

Bekas Super Market di Kota Pasuruan Bakal Disulap Jadi Rest Area Bernuansa Arafah

Salah satu dosen Poltekom prodi Teknik Mekatronika, Panji Peksi Branjangan (40 tahun) membenarkan kabar itu. Dia termasuk dari dosen yang terpaksa menerima upah tidak semestinya. Dia mengaku tidak meninggalkan mahasiswanya karena merasa memiliku tanggungjawab moral sebagai pengajar. 

"Meski begitu saya tetap harus mengajar karena memiliki tanggungjawab moral. Mengingat masih ada dua angkatan yang belum saya luluskan di Poltekom," kata Panji, Selasa, 21 November 2023. 

Turnamen Catur di Jombang, Klub Catur Pionmas Borong Juara

Panji menuturkan sejak 2020 hingga 2023 ini pihak yayasan atau rektorat kampus tidak bisa menjelaskan secara rinci penyebab terbengkalainya Poltekom. Mulai gedung yang tidak terawat, hingga gaji dosen yang tidak dibayarkan penuh selama 3 tahun terakhir. 

Dia menuturkan kisah tragis dialami para dosen saat kasus COVID-19 dalam lonjakan beberapa tahun lalu. Ada salah satu dosen yang meninggal dunia karena COVID-19 namun haknya berupa gaji tidak dibayarkan bahkan ke keluarga yang ditinggalkan. 

Pemkot Pasuruan Remikan Gedung PLUT-KUMKM Dorong Kemajuan UMKM

"Pernah kami menanyakan soal hanya dibayar Rp1 juta, dan dari Direktur atau Wakil Direktur itu cuma menjanjikan akan dibayar sisanya. Tapi buktinya apa sampai sekarang ya cuman Rp1 juta setiap bulan. Bahkan yang kami ketahui ada dosen-dosen yang keluar, bahkan ada yang meninggal saat COVID-19 dulu itu, gajinya belum diselesaikan atau diberikan kepada keluarga mereka," ujar Panji. 

Imbas dari gaji yang minim tentu saja berpengaruh pada proses belajar mengajar. Mereka harus pandai menghitung kebutuhan transportasi dan akomodasi. Sebab, Poltekom berada di Jalan Tlogowaru, Kota Malang sisi timur kota yang berbatasan dengan Kabupaten Malang. 

Halaman Selanjutnya
img_title