Aries Agung Paewai Apresiasi SDN Temas 1 yang Wajibkan Murid Kenakan Baju Adat

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai mendatangi SDN Temas 1.
Sumber :
  • Diskominfo Kota Batu

Batu, VIVA – Demi melestarikan budaya dan mendidik karakter, SDN Temas 1 Kota Batu mewajibkan muridnya mulai kelas 1 sampai 6 serta tenaga pendidik memakai baju adat setiap hari Kamis.

Catat! Jadwal Pertandingan Semifinal Piala Asia U23 2024

Hal tersebut pun mendapat perhatian dan apresiasi dari Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai saat dirinya mendatangi sekolah. Di sana murid laki-laki nampak mengenakan jawi lengkap dan murid perempuan mengenakan kebaya pada Kamis, 9 November 2023.

"Ini sangat luar biasa, saya sangat mengapresiasi. Tidak hanya menggenakan baju adat Jawa, tadi para murid juga mendapat literasi bahasa daerah. Selain itu lingkungan juga nampak bersih, sehingga anak-anak betah belajar berlama-lama di sekolah," kata pria yang juga menjabat Kepala Dinas Pendidikan Jatim ini.

Bekas Super Market di Kota Pasuruan Bakal Disulap Jadi Rest Area Bernuansa Arafah

Sementara itu, Kepala SDN Temas 1, Suparmi mengaku sangat kaget dengan kedatangan secara tiba-tiba orang nomor satu di Kota Batu tersebut. Menurutnya, kewajiban menggenakan baju adat setiap Kamis oleh sekolahnya sudah lama dilakukan sekitar tahun 2016-2017. 

"Semua kita lakukan untuk mewujudkan visi misi SDN kami yaitu Njawani yang memiliki kepanjangan Nyengkuyung Jaga Wawasan, Bawana, Kebudayaan Nagari," katanya.

Turnamen Catur di Jombang, Klub Catur Pionmas Borong Juara

Bahkan pemberlakuan tersebut mendapat dukungan penuh oleh para wali murid, pasalnya literasi dan mengenalkan adat Jawa dirasa sangat penting di era modern seperti ini. 

"Selain mengenalkan budaya kepada anak-anak, kami ingin mereka juga bisa berbahasa Jawa dan menerapkan sopan santun baik di sekolah maupun di rumah masing-masing. Sekolah kami juga sering menggelar lomba pidato bahasa Jawa, nembang, dan menukis aksara Jawa," tuturnya.