Aplikasi Jejaring Kardiovaskuler Malang Alat Untuk Deteksi Dini Penyakit Jantung

Aplikasi Jejaring Kardiovaskuler Malang
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Mahasiswa Program Pendidikan Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, Fakultas Kedokteran, Universitas Brawijaya membuat aplikasi bernama Jejaring Kardiovaskuler Malang alias JKM. Mereka membuat aplikasi ini karena tingginya, penderita penyakit jantung di wilayah Malang Raya. 

Jelang Pilbup Malang, Lathifah Shohib Lakukan Pertemuan Intens dengan Rendra Kresna

Mahasiswa pencipta JKM dr Muhammad Azhar Rosyidi menuturkan, bahwa masyarakat cukup mengunduh aplikasi ini lewat Playstore. Ada sejumlah pertanyaan yang akan muncul setelah aplikasi berhasil di unduh. 

Diantaranya, pertanyaan seputar keluhan yang dirasakan di bagian dada dan riwayat aktivitas kehidupan sehari-hari hingga muncul skor. Setelah itu, muncul rekomendasi untuk melakukan penanganan atau pencegahan penyakit jantung. Mulai rujukan ke rumah sakit hingga melakukan perekaman jantung atau lainnya. 

Diduga Belum Kantongi Izin, Toko Modern di Jombang Nekat Buka

"Ada tiga fungsi dari penggunaan aplikasi JKM, yakni untuk mendeteksi dini serangan jantung, gangguan irama jantung dan gagal jantung," kata Azhar, Senin, 9 Januari 2022. 

Saat ini Aplikasi JKM ini sudah diunduh sebanyak 22.096 user. Dari jumlah tersebut sebanyak 6.127 user terdeteksi dengan risiko tinggi penyakit jantung. 

Satreskrim Polres Batu Bongkar Perjudian Sabung Ayam di Giripurno

Aplikasi JKM merupakan pengembangan dari dua aplikasi sebelumnya yakni Detak dan Menari (Meraba Nadi Sendiri). Dalam pembuatan JKM Azhar berkolaborasi dengan kelompok kajian kardiovaskular Universitas Brawijaya yang dipimpin oleh Prof. dr. M. Saifur Rohman SpJP(K) PhD yang sudah diluncurkan sejak Oktober 2020 lalu. 

"Ini untuk mencegah keterlambatan penanganan penyakit jantung. Keterlambatan bisa dari pasien itu sendiri, atau dokter yang memeriksa di awal atau akhir, nah itu kami dekatkan pasien jangan sampai terlambat. Semakin banyak waktu terbuang maka akan banyak otot yang tidak berfungsi," ujar Azhar. 

Halaman Selanjutnya
img_title