16 Atlet Kota Batu Wakili Jatim dalam PON XXI Aceh-Sumut

Ketua KONI Batu, Sentot Ary Wahyudi.
Sumber :
  • VIVA Malang / Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Kontingen atlet asal Kota Batu yang akan berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI pada September 2024 mendatang mengalami peningkatan signifikan dibanding PON sebelumnya pada tahun 2021. 

Tampung Aspirasi, Cak Nur Ajak Masyarakat Berinteraksi di Medsos

Pada gelaran multi cabang olahraga (multi cabor) terbesar di Indonesia yang akan diselenggarakan di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara itu, Kota Batu mengirimkan 16 atlet. Angka ini naik hampir dua kali lipat dari jumlah atlet yang dikirim pada PON XX tahun 2021, yang hanya melibatkan sembilan atlet.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Batu, Sentot Ary Wahyudi, menyatakan bahwa peningkatan jumlah atlet ini bukan hanya mencerminkan semangat para atlet, tetapi juga kesiapan Kota Batu dalam bersaing di tingkat nasional. 

“Jumlah atlet yang lolos ke PON kali ini meningkat signifikan. Bukan hanya itu, jumlah cabang olahraga (cabor) yang diikuti juga bertambah,” ujarnya, Jumat 23 Agustus 2024.

Pada PON XXI ini, ada tujuh cabor yang diikuti oleh atlet Kota Batu, bertambah dari empat cabor pada PON XX 2021. Ketujuh cabor tersebut mencakup berbagai disiplin ilmu olahraga, dari seni bela diri hingga olahraga akuatik.

Hadapi Potensi Bencana, Relawan Malang Raya Gelar Pelatihan SAR

"Seperti tinju amatir dengan dua atlet, balap sepeda satu atlet, tarung derajat satu atlet, bridge satu atlet, selam dua atlet, aeromodelling tujuh atlet, dan wushu dua atlet," ujarnya.

Seleksi atlet untuk PON XXI telah dilaksanakan sejak Oktober tahun lalu, dan sebagian besar atlet Kota Batu telah menjalani pelatihan daerah (Puslada) di bawah naungan Jawa Timur sejak akhir tahun 2023. Beberapa atlet lainnya baru memulai pelatihan intensif pada awal tahun ini. 

Halaman Selanjutnya
img_title