Logo Jersey Timnas Indonesia Ternyata Didaftarkan Personal

Logo Jersey Timnas indonesia
Sumber :
  • istimewa

Malang – Belum lama ini, pecinta sepak bola tanah air sedang merayakan euforia. Sebab, Timnas Indonesia berhasil menapaki putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 berkat hasil matchday 6 di Grup F.

Arema FC dan Suporter Gelar Doa Bersama Korban Tragedi Kanjuruhan

Sang Garuda meraih tiket emas dari ronde kedua setelah menghajar timnas Filipina 2-0 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Melihat kegembiraan ini, tim Mebiso mencoba ‘riding the wave’ berdasarkan isu yang ada. Diketahui, tim sepak bola luar negeri sangat aware dengan kekayaan intelektual. Bahkan, puluhan merek diamankan dan dilindungi.

Mebiso Beri Cek Merek Gratis Untuk Pengusaha se-Jawa Timur

Bagaimana dengan sepak bola Indonesia? Berdasarkan penelusuran tim Mebiso, ada beberapa asset Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang sudah dilindungi mereknya. Antara lain Logo Resmi PSSI, Logo Garuda, Logo Fanbase Timnas dan Logo Resmi Timnas Indonesia.

Tak hanya itu, logo yang terdapat di jersey lama, juga telah didaftarkan oleh PSSI. Sedangkan, logo Garuda di jersey baru, justru didaftarkan merek oleh pemilik asli brand Erspo, apparel resmi jersey timnas sepak bola Indonesia.

Bisnis Pecah Kongsi, Bagaimana Nasib Mereknya?

CEO Mebiso, Hesti Rosa mengungkapkan, berdasarkan Undang-Undang Merek Nomor 20 tahun 2016, Pasal 21 ayat (2) huruf (b), penggunaan lambang negara di merek bisa dilakukan.

“Dengan catatan, sudah mendapatkan persetujuan tertulis dari pihak yang berwenang,” kata dia.

Sebagai informasi, logo baru jersey tersebut diketahui telah didaftarkan oleh pemilik Erspo, yakni Muhammad Sadad. Berdasarkan penelusuran Mebiso.com, hingga 18 Juni 2024, proses pendaftaran tersebut statusnya ‘TM Pelayanan Teknis’ di kelas merek 25. Diketahui, penerimaan pendaftaran merek tersebut pada tanggal 22 Januari 2024.

Untuk diketahui, Timnas Indonesia memiliki jersey baru hasil kerjasama dengan brand apparel lokal, yakni Erspo, yang merupakan sub brand milik Erigo. Seragam ini digunakan oleh tim untuk berkompetisi pada ajang Piala AFF U-17 2024, Piala Asia U-23, hingga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dilansir dari berbagai sumber, Erspo berhasil melakukan kerjasama dengan Persatuan Sepakbola Indonesia (PSSI) untuk menyuplai pakaian olahraga dan perlengkapan bagi Timnas Indonesia. 

Sejatinya, Erspo telah merilis jersey timnas Indonesia pada 18 Maret 2024. Namun, desain kostum Garuda dari Erspo menuai kritik publik. Pendiri Erspo, Muhammad Sadad, menjelaskan, Erspo sebetulnya sudah berupaya untuk berkolaborasi dengan sejumlah pihak untuk jersey timnas Indonesia. 

Sadad menjelaskan, kritik yang diterima dari publik membuat Erspo bakal membuat desain baru untuk jersey timnas Indonesia. Menurut Sadad, Erspo akan melakukan kerja sama untuk desain baru jersey timnas Indonesia yang akan diluncurkan pada pertengahan tahun 2024.