Logo Jersey Timnas Indonesia Ternyata Didaftarkan Personal

Logo Jersey Timnas indonesia
Sumber :
  • istimewa

Malang – Belum lama ini, pecinta sepak bola tanah air sedang merayakan euforia. Sebab, Timnas Indonesia berhasil menapaki putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 berkat hasil matchday 6 di Grup F.

Mebiso Beri Cek Merek Gratis Untuk Pengusaha se-Jawa Timur

Sang Garuda meraih tiket emas dari ronde kedua setelah menghajar timnas Filipina 2-0 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Melihat kegembiraan ini, tim Mebiso mencoba ‘riding the wave’ berdasarkan isu yang ada. Diketahui, tim sepak bola luar negeri sangat aware dengan kekayaan intelektual. Bahkan, puluhan merek diamankan dan dilindungi.

Bisnis Pecah Kongsi, Bagaimana Nasib Mereknya?

Bagaimana dengan sepak bola Indonesia? Berdasarkan penelusuran tim Mebiso, ada beberapa asset Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang sudah dilindungi mereknya. Antara lain Logo Resmi PSSI, Logo Garuda, Logo Fanbase Timnas dan Logo Resmi Timnas Indonesia.

Tak hanya itu, logo yang terdapat di jersey lama, juga telah didaftarkan oleh PSSI. Sedangkan, logo Garuda di jersey baru, justru didaftarkan merek oleh pemilik asli brand Erspo, apparel resmi jersey timnas sepak bola Indonesia.

Transformasi Bisnis dengan AI: Kunci Peningkatan Efisiensi Operasional dan Pengurangan Biaya dalam B

CEO Mebiso, Hesti Rosa mengungkapkan, berdasarkan Undang-Undang Merek Nomor 20 tahun 2016, Pasal 21 ayat (2) huruf (b), penggunaan lambang negara di merek bisa dilakukan.

“Dengan catatan, sudah mendapatkan persetujuan tertulis dari pihak yang berwenang,” kata dia.

Halaman Selanjutnya
img_title