Perang Dengan Narkotika, Kejaksaan Negeri Jombang Musnahkan Jutaan Pil Dobel L

Pemusnahan barang bukti di Kantor Kejaksaan Negeri Jombang.
Sumber :
  • VIVA Malang (Elok Apriyanto/Jombang)

Jombang, VIVA – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Jombang, Jawa Timur, memusnahkan jutaan pil dobel L, dan sejumlah pil serta narkotika berbagai jenis di halaman kantor Kejari Jombang, pada Rabu, 23 Oktober 2024. Pemusnahan dipimpin langsung Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Jombang, Nul Albar bersama Forkompimda. 

Kejari Kota Malang Sita Aset Terpidana Dana Fiktif KSU Montana

"Tujuannya untuk mengeksekusi putusan majelis hakim, dimana di dalam putusan hakim tersebut, menyebutkan bahwa barang bukti ini harus dimusnahkan," kata Kajari Jombang, Nul Albar. 

Pemusnahan barang bukti dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu metodenya adalah dibakar serta dilarutkan dalam air.

Warga Wagir Kabupaten Malang Temukan Kerangka Manusia di Hutan Gunung Kawi

"Tata caranya seperti yang kita lihat, ada yang dilarutkan, dalam air. Nanti juga ada yang dimusnahkan dengan cara dibakar. Namun tujuannya adalah agar barang bukti ini tidak bisa dipergunakan lagi," ujar Albar. 

Kejari menyebut tren tindak pidana penyalahgunaan narkoba di Jombang cenderung meningkat. Penindakan akan terus dilakukan termasuk pemusnahan. 

Pemkab Jombang Peringati Hari Santri Nasional di Hari Jadi ke 114 di Alun-alun

"Ada kecenderungan meningkat, dan saya harap dengan adanya pemusnahan barang bukti, minimal kita sudah memusnahkan sebanyak jutaan butir pil dobel L, dan gak bisa saya bayangkan bila pil ini beredar di masyarakat," tuturnya.

Kejari Jombang tidak akan mentolerir pelaku tindak pidana penyalahgunaan narkotika. Dia mengajak otoritas terkait mulai dari polisi dan Pemerintah Kabupaten Jombang ikut memerangi narkoba di Kota Santri.

Halaman Selanjutnya
img_title