Tangkap Terduga Pelaku Money Politic di Kota Batu, Bawaslu Amankan Uang dan Stiker 03

Money politic di Kota Batu.
Sumber :
  • Dok. VIVA

Batu, VIVA - Ketua Bawaslu Kota Batu, Supriyanto mengungkapkan kronologi diamankannya seorang warga berinisial Y asal Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, karena diduga melakukan praktek money politic

Jangan Lewatkan! Live Streaming Irak U23 vs Indonesia U23 di RCTI dan Vision+

Supriyanto menjelaskan bahwa dugaan money politic itu berawal dari adanya informasi warga Kelurahan Sisir bahwa ada seorang laki-laki berinisial Y yang membagikan uang serta stiker. 

Ketua Bawaslu Kota Batu mengatakan, menurut laporan warga saat itu, Y diduga melakukan praktek money politic pada Selasa, 13 Februari 2024 sekitar pukul 23.00 WIB atau saat masa tenang Pemilu 2024. 

Nekat Jual Sabu-sabu, Tukang Las Dibekuk Polisi

Mendapat laporan warga tersebut, lanjut Supriyanto, Satuan Tugas Penegak Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kota Batu pun langsung bergerak melakukan pengecekan ke lokasi.

Saat tiba di lokasi, Supriyanto mengatakan, pihaknya mendapati yang bersangkutan tengah membagikan uang dan stiker kepada warga, sehingga malam itu juga langsung diamankan.

DPP PPP dan PKB Beri Sinyal Koalisi pada Pilkada, di Jombang Belum Ada Gambaran

"Kami menemukan ada 2 orang saksi yang mengaku telah menerima uang sebesar Rp500 ribu dan stiker pasangan capres serta caleg DPRD Kota Batu," katanya, Rabu, 14 Februari 2024.

Menurut keterangan saksi, ungkap Supriyanto, uang dan stiker yang diberikan oleh Y tersebut agar saksi pada saat pemungutan suara memilih yang diarahkan oleh Y. 

Halaman Selanjutnya
img_title