Diduga Money Politic Ajak Pilih 03 dan Caleg PDI, Seorang Warga di Kota Batu Diamankan

Money politic di Kota Batu.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Batu, VIVA - Seorang warga berinisial Y, warga Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu diamankan oleh Gakkumdu Kota Batu karena diduga melakukan praktek money politic.

Ribuan Penonton Padati Nobar Garuda Muda di Pasar Induk Among Tani

Diamankannya seorang warga Kelurahan Sisir berinisial Y tersebut dibenarkan oleh Kasat Reskrim Polres Batu, AKP Rudi Kuswoyo. Ia mengatakan Y diamankan pada Selasa, 13 Februari 2024. 

Berdasarkan laporan, Y diamankan saat membagikan uang untuk mengarahkan pilihan pada pasangan Capres-Cawapres nomor urut 03, yaitu Ganjar Pranowo dan Mahfud MD

Mas Dion, Kader Militan PKB Mantap Maju Cabup Pasuruan 2024

Selain itu, Y juga mengarahkan agar mencoblos caleg DPRD Dapil 2 Kota Batu dari Partai PDIP dengan nomor urut 2, Cahyo Edi Purnomo.

AKP Rudi mengatakan, informasi adanya money politic itu berawal dari laporan warga yang mengetahui jika ada seorang laki-laki membagikan uang dan stiker kepada warga. 

Live Streaming Indonesia U23 vs Uzbekistan U23 di RCTI dan Vision+

Mendapat laporan itu, kata AKP Rudi, pihak Bawaslu Kota Batu kemudian melaksanakan pengecekan lapangan dan menemukan 2 orang saksi telah menerima uang. 

"2 orang saksi ini menerima uang sebesar Rp500.000 dari Y dan stiker pasangan capres dan cawapres, caleg DPRD dari partai PDIP," katanya, Rabu 14 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title