MY Jadi Korban Penipuan Trading Milik Wahyu Kenzo Dengan Total Kerugian Rp32 Miliar

Rimzah anak dari MY korban robot trading ATG
Sumber :
  • Viva Malang

MalangMY adalah pelapor Crazy Rich Surabaya Wahyu Kenzo ke Polresta Malang Kota atas kasus penipuan robot trading atau Auto Trade Gold (ATG). Laporan ini dia buat pada 23 September 2022 lalu. Setelah itu Wahyu Kenzo ditangkap polisi pada Sabtu, 4 Maret 2023. 

Polda Jatim Benarkan Ada Laporan Dugaan Kecurangan Pileg 2024 di Dapil V Malang Raya

Rimzah anak dari MY mengatakan bahwa awal mula keluarga ini terjebak investasi robot trading karena bisnis jual beli tanah. Wahyu Kenzo membeli tanah milik MY di kawasan Kota Batu, Jawa Timur. Awalnya pembayaran berjalan lancar, namun mengalami kendala ketika nominal transaksi kurang Rp26 miliar dari nominal keseluruhan yang seharusnya dilunasi Wahyu Kenzo. 

"Kami awalnya tidak curiga karena sudah sempat membayar beberapa kali dan kurang ke kami Rp26 miliar kira-kira yang sudah terbayar 74 persen. Lalu kami ditawari untuk investasi robot trading ini," kata Rimzah, Kamis, 9 Maret 2023. 

PJT I dan PLN NP Tanam 10 Ribu Bibit Pohon di Titik Nol Sungai Brantas

"Beliau menyampaikan bantu saya untuk masuk ke pekerjaan saya, nanti dapat profit. Nanti bisa bayar untuk kekurangan tanah yang akan saya lakukan. Jadi pembayaran tanah yang kurang bakal terbayar dan kami (keluarga korban) mendapat keuntungan atau profit dari kegiatan pekerjaan dia (robot trading)," tambahnya. 

Rimzah kemudian menuturkan cerita awal investasi robot trading ATG. Keluarga ini kemudian ditawari untuk ikut investasi ini pada 25 November 2021. Setelah diiming-imingi pada keesokan harinya mereka memutuskan bergabung. 

Jelang Idul Adha, Produsen Arang di Jombang Kuwalahan Penuhi Permintaan

"Awal kami transfer sekitar Rp1.990.000 juta atau Rp1,99 miliar. Dan untuk membeli robotnya sekitar Rp42 juta sekian. Dan keesokan harinya tanggal 27 November 2021 kami juga mentransfer lagi sebesar Rp4 miliar," ujar Rimzah. 

Keluarga ini kemudian mulai curiga ketika Februari 2022. Mereka mencoba withdraw atau menarik keuntungan ATG. Namun, uang yang berada di robot trading tidak bisa ditarik. Mereka mempertanyakan hal itu pada Wahyu Kenzo. Disarankan untuk menarik dengan nominal lebih kecil. Tetapi juga tidak bisa. Saran kedua adalah mentransfer dari satu akun ke akun lainnya, nominalnya berpindah namun juga tidak bisa ditarik. 

Halaman Selanjutnya
img_title