5 Desa Wisata di Kota Batu Masuk 500 Besar ADWI 2024

Salah satu desa wisata Sidomulyo, di Kota Batu.
Sumber :
  • Prokopim KWB

Malang, VIVAKementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia menetapkan lima desa di Kota Batu berhasil lolos 500 besar kompetisi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2024.

Jelang Hari Raya Kurban, Jombang Dipastikan Zero PMK dan LSD

Desa di Kota Batu tersebut berhasil bersaing bersama 6.010 desa peserta ADWI tahun ini. Kelima desa itu antara lain, Desa Wisata Sidomulyo Kecamatan Batu, Desa Wisata Budaya Torongrejo Kecamatan Junrejo, Desa Wisata Punten Kecamatan Bumiaji, Desa Wisata Agriraya Tulungrejo Kecamatan Bumiaji dan Desa Wisata Pandanrejo Kecamatan Bumiaji. 

Menanggapi itu, Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai mengaku cukup mengapresiasi raihan tersebut. Harapannya kelima desa tersebut bisa masuk 50 besar.

Ratusan Siswa Meriahkan 02SN Tingkat Jatim di Kota Batu

"Mudah-mudahan masuk 50 besar. Kami tentu sangat serius dalam upaya meningkatkan pengelolaan dan mempromosikan potensi desa wisata yang ada, agar lebih dikenal dan dikunjungi banyak wisatawan," kata Aries, Kamis, 23 Mei 2024.

Melalui event ini ia berharap bisa menjadi sarana promosi desa-desa wisata yang ada di Kota Batu serta memperkuat jaringan komunikasi setiap desa, serta memacu kreatifitas dan inovasi setiap desa wisata. 

3 Wajah Baru Resmi Jabat KPU Jombang 2024-2029

"Terutama membangun desa wisata yang berkelanjutan sehingga akan banyak wisatawan yang datang sehingga meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat," ujarnya.

ADWI Tahun 2024 mengambil tema Desa Wisata Menuju Pariwisata Hijau Berkelas Dunia. Melalui tema ini, ada beberapa kategori penilaian yang harus dipenuhi oleh peserta ADWI 2024 yaitu daya tarik, amenitas (standar CHSE), digital, kelembagaan dan SDM, serta resiliensi (pengelolaan berkelanjutan).

Halaman Selanjutnya
img_title