Indonesia Bakal Jadi Tuan Rumah APAC DNS Forum 2024

Persiapan APAC DNS Forum 2024
Sumber :
  • VIVA Malang / Uki Rama

Malang, VIVA – The Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) dan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) akan menggelar Forum Domain Name System (DNS) kawasan Asia Pasifik (APAC) di Bali, Indonesia, pada 23 hingga 24 Juli 2024.

Andy Sugix Gelar Value of Indonesia Fashion Day 2024 di Studio UB TV

ICANN adalah sebuah organisasi non-profit internasional yang mengoordinir DNS serta memainkan peran kunci dalam pengoperasian dan keamanan internet global. Sementara PANDI adalah Registri Nama Domain berkode negara Indonesia yakni .id.

Para pemangku kepentingan internet internasional dan regional akan berkumpul dalam acara APAC DNS Forum 2024 di Bali. Mereka mengambil tema Building Bridges: Strengthening Collaboration to Shape the Internet’s Future.

Puluhan Pemuda di Lowokwaru Deklarasi Dukung Ali Muthohirin di Pilwali Kota Malang

Mereka akan menjajaki penguatan kerja sama, meraih peluang dari internet dan menghadapi tantangan yang akan terjadi. Sebagai tulang punggung teknikal, DNS menyokong berfungsinya internet global serta membentuk perwajahan peluang dan inovasi yang ada. 

Terpeliharanya DNS yang terus menjalankan peran krusialnya di masa depan, tergantung pada kohesi dan kolaborasi antara industri, teknologi dan pemangku kepentingan. Tanpa adanya kerja sama, interoperabilitas internet yang bersifat global dapat saja terancam. 

Pisah Sambut, Pj Bupati Jombang Ingatkan Tugas Berat Ketua dan Anggota KPU Baru di Pilkada 2024

Perluasan sektor nama domain diharapkan dapat membuka peluang ekonomi dan menghilangkan batasan Bahasa untuk menghubungkan yang belum terhubung. Forum ini juga mengeksplorasi bagaimana kawasan Asia Pasifik dapat memanfaatkan peluang dan berkontribusi dalam transformasi digital. 

Selain itu, Forum ini juga akan menjangkau pembahasan tentang pengaruh dari inisiatif legislasi dan regulasi terkait internet seta pentingnya model pemangku kepentingan dalam tata kelola internet.

Halaman Selanjutnya
img_title