Ngabuburit Mengenal Gus Dur di Museum Islam Nusantara KH Hasyim Asy'ari Jombang

Pengunjung saat melihat berbagai koleksi MINHA
Sumber :
  • Viva Malang / Uki Rama

Malang, VIVA – Untuk mengenang Presiden Ke empat Republik Indonesia (RI) KH Abdurahman Wahid atau Gus Dur, masyarakat dapat mengunjungi ruang khusus yang terletak di Museum Islam Nusantara KH Hasyim Asy'ari (MINHA), Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Ribuan Penonton Padati Nobar Garuda Muda di Pasar Induk Among Tani

Dalam ruang Gus Dur, di desain menarik sesuai dengan karakter ketoleransian Gus Dur terhadap masyarakat Minoritas. Para pengunjung juga bisa mengetahui perjalanan hidup Gus Dur mulai dari lahir sampai akhir hayatnya. 

Uniknya, informasi tersebut dibuat menarik, didukung oleh teks dan aneka dokumentasi. Pengunjung juga bisa mengetahui informasi soal keluarga dan kegemaran Gus Dur di ruang yang sama.

Mas Dion, Kader Militan PKB Mantap Maju Cabup Pasuruan 2024

"Kami sajikan informasi terkait biografi Gus Dur, koleksi kegemaran Gus Dur dan perjalanan semasa hidup Gus Dur," ujar Ari Stiawan, selaku humas MINHA, Kamis 21 Maret 2024.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa di ruang tersebut, terdapat berbagai macam buku tentang Gus Dur yang turut dipajang, seperti buku karya Greg Barton, yang menulis tentang biografi Gus Dur. 

Live Streaming Indonesia U23 vs Uzbekistan U23 di RCTI dan Vision+

"Ada pula mesin ketik yang merupakan alat yang cukup penting bagi Gus Dur yang pada masa itu digunakan untuk menyuarakan keadilan bagi kaum minoritas," ujarnya.

Selain itu, sambung Ari, beberapa barang pribadi milik Gus Dur juga tersimpan rapi, seperti peci keranjang yang terbuat dari anyaman pohon minthu.

Halaman Selanjutnya
img_title