Desa Sumbergondo Bakal Dijadikan Contoh Penangganan Sampah di Kota Batu

TPS3R Desa Sumbergondo jadi contoh penangganan sampah.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Ada salah satu desa di Kota Batu yang tidak pernah menyumbang sampah ke TPA Tlekung karena memiliki manajemen sampah yang terkelola dengan baik mulai hulu hingga hilir.

Ingin Libatkan Semua Partai Bangun Jombang, Kades Warsubi Daftar ke PDIP

Desa itu adalah Sumbergondo di Kecamatan Bumiaji. Hal tersebut bisa dicontoh oleh semua pihak, terlebih bagi kelurahan dan desa lainnya di Kota Batu sehingga bisa menekan volume sampah yang dikirim ke TPA yang mencapai 120 ton sehari.

Hal ini tak lepas dari salah satu cara Pemkot Batu dalam mengatasi persoalan sampah di TPA Tlekung sekarang tengah mendapat penangganan serius. Pemkot Batu berharap semua masyarakat dapat ikut serta dalam menanggulangi masalah sampah, dengan memulai memilah sampah dari rumah.

Sumrambah Mantan Wabup Jombang Daftar Bacabup di Kantor DPC PDIP

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai mengatakan semua pihak harus ikut mendukung supaya permasalahan sampah di TPA Tlekung bisa tuntas. Pengelolaan sampah terpadu di desa maupun kelurahan memiliki peranan paling penting untuk menekan kiriman sampah.

"Seperti Sumbergondo, desa tersebut nol persen mengirimkan sampah ke TPA. Bila itu bisa diterapkan semua pihak tentu bisa menekan volume kiriman sampah ke TPA," katanya, 5 Agustus 2023.

Keseruan Saat Ratusan Mitra Pengemudi dan Merchant Grab di Malang Nonton Bareng Siksa Kubur

Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R) di Desa Sumbergondo memiliki kapasitas 6 ton sampah dan mampu melakukan pengelolaan sampah secara maksimal, termasuk pengolahan kompos.

"Semua itu membutuhkan kesadaran yang tinggi agar sampah tidak sampai ke TPA Tlekung. Jika diolah dengan baik maka sampah bisa menghasilkan perputaran ekonomi terutama untuk tenaga pemilah sampah dan bank sampah. Serta disisi lain, persoalan sampah akan bisa segera teratasi dengan baik," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title